Jenderal Andika Terima Ketum IDI, Bicara soal Nasib dr Terawan di RSPAD

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 24 Apr 2022 11:24 WIB
Pertemuan PB IDI dengan Jenderal Andika (tangkapan layar akun YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa)
Pertemuan PB IDI dengan Jenderal Andika (tangkapan layar akun YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerima kunjungan Pengurus besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI). Jenderal Andika dan PB IDI membahas sejumlah hal, termasuk izin praktek dr Terawan Agus Putranto di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD).

Pertemuan itu disiarkan langsung di akun YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa pada Minggu (24/4/2022). Mulanya Ketum PB IDI dr Adib Khumaidi memperkenalkan pengurus baru.

"Memperkenalkan pengurus yang baru, sementara SK masih sementara karena nanti kita rencana pelantikan mudah-mudahan di bulan puasa minggu ke-2 atau ke-3 kita bisa melakukan pelantikan selanjutnya rapat kerja," jelas Adib seperti dilihat detikcom.

Kemudian Adib menyinggung masalah dr Terawan. Pemecatan dr Terawan merupakan sebuah ketetapan muktamar XXXI IDI di Provinsi Aceh.

"Kemarin ada sebuah ketetapan muktamar yang jujur bagi kita ini menjadi sebuah konsekuensi amanah," jelas Adib.

"Jadi mengeluarkan (Terawan) dari IDI?" sambung Jenderal Andika.

"Jadi pemberhentian tetap. Pemberhentian tetap itu tidak diartikan seumur hidup. Jadi masih ada upaya ruang kalau kami sampaikan masih ada ruang kalau beliau berkenan untuk menjadi anggota kembali kita akan kuatkan forum secara internal," tutur Adib.

Jenderal Andika mengatakan TNI akan berpegang teguh pada peraturan perundangan. Kemudian, Jenderal Andika bertanya terkait pengaruh keputusan muktamar terhadap izin praktek dr Terawan di RSPAD.

"Tinggal nanti kami, apa yang harus kami lakukan misalkan keputusan apapun (dari) IDI. Apa yang berpengaruh terhadap izin praktek dokter Terawan di RSPAD kalau keanggotaan beliau tidak lagi aktif tetapi sebagai dokter yang juga praktek di rumah sakit kami, itu juga kita akan ikut aturan," kata Jenderal Andika.

"Siap Dokter Adib?" sambung Jenderal Andika.

"Siap," singkat Adib.

Pertemuan itu diakhiri foto bareng Jenderal Andika dengan PB IDI. Pertemuan tersebut juga dihadiri sejumlah pengurus IDI, di antaranya Ketua Purna PB IDI, Prof. Dr. I O. Marsis, SpOG (K); Ketua Terpilih PB IDI, Slamet Budiarto, SH, MH.Kes; dan Ketua Majelis PB IDI.

Simak juga Video: Buntut Polemik IDI, DPR Buka Kemungkinan Revisi UU Praktik Kedokteran

[Gambas:Video 20detik]



(isa/imk)