ADVERTISEMENT

Menhub Pimpin Apel Lebaran di Soetta, Minta Petugas Tetap Ramah tapi Tegas

Khairul Ma'arif - detikNews
Minggu, 24 Apr 2022 09:17 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi pimpin apel mudik lebaran 2022 di Bandara Soetta
Menhub Budi Karya Sumadi pimpin apel mudik lebaran 2022 di Bandara Soetta (Khairul/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan mudik Lebaran melalui jalur udara memiliki tingkat keselamatan yang tinggi. Dia meminta petugas tetap ramah tapi tegas kepada masyarakat yang menjalankan mudik.

Hal itu disampaikan Budi saat memimpin apel angkutan Lebaran 2022 transportasi udara. Apel digelar pada Minggu (24/4/2022) di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) diikuti berbagai stakeholder.

"Tetapi udara memiliki satu tingkat keselamatan yang tinggi teman-teman avsec dibantu TNI-Polri harus jeli sekali, tetapi tetap harus ramah dalam melayani. Avsec harus melayani dengan bersahabat, tapi tetap harus tegas," kata Budi.

Budi menuturkan animo masyarakat untuk melaksanakan mudik Lebaran tahun ini akan tinggi. Untuk itu, kata Budi, perlu ada persiapan yang matang, terutama menyangkut keselamatan penumpang.

"Satu sisi, animonya akan tinggi sekali, di lain sisi suatu keharusan untuk melayani dengan baik dengan nyaman, dengan aman. Untuk aman tentu sangat penting. Mulai dari persiapan. Melakukan ramp check dan check and recheck kesehatan personel dan armada," tuturnya.

Budi mengungkapkan dua hal yang menyebabkan jumlah pemudik tahun ini meningkat drastis. Yakni berkurangnya paparan virus Corona (COVID-19) serta mulai bangkitnya perekonomian.

"Jumlah penumpang meningkat secara drastis menandakan dua hal. Satu telah berkurangnya paparan COVID-19. Dan juga mengenai kebangkitan ekonomi di tanah air," ucapnya.

Dalam sambutannya, Budi memaparkan pesan Presiden Joko Widodo dari periode mudik 2022 ini ialah 'Mudik Aman, Mudik Sehat'. Seusai apel, Menhub Budi tidak lupa menyalami para peserta apel yang merupakan stakeholder Bandara Soetta. Selain menyalami, Budi menyemangati para peserta apel yang terdiri dari aparat Polri-TNI serta petugas bandara.

(dek/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT