PKS: Kedekatan Partai Mahasiswa Indonesia dan Wiranto Perlu Dijawab Lugas

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 24 Apr 2022 07:03 WIB
Mardani Ali Sera (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom).
Mardani Ali Sera (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Mahasiswa Indonesia Eko Pratama berasal dari kubu BEM Nusantara yang pernah menemui Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, beberapa pekan lalu. PKS menilai pimpinan Partai Mahasiswa Indonesia perlu menjelaskan kedekatannya dengan Wiranto.

"Cerita kedekatan dengan Pak Wiranto perlu dijawab dengan lugas," ujar Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, saat dihubungi Sabtu (23/4/2022).

Meski begitu, Mardani mengatakan siapa pun boleh membuat partai. Menurutnya, kemurnian niat dan prinsip dalam mendirikan partai menjadi hal yang krusial.

"Siapa pun boleh membuat partai, selama memenuhi persyaratan," kata Mardani.

Terlebih, menurutnya, nama partai tersebut membawa nama mahasiswa. Pemikiran dan gagasan dari Partai Mahasiswa Indonesia menjadi harapan.

"Apalagi bagi partai berbasis mahasiswa," sambungnya.

Diketahui sebelumnya, dalam surat Penyampaian Data Partai Politik yang Telah Berbadan Hukum dari Kemenkumham, tercantum data Partai Mahasiswa Indonesia, memang benar ada Partai Mahasiswa Indonesia yang diakui negara. Di dokumen ini tertulis Nomor Keputusan Menteri Hukum dan HAM untuk Partai Mahasiswa Indonesia, yakni M.HH-6.AH.11.01 TAHUN 2022 Tanggal 21 Januari 2022.

Partai Mahasiswa Indonesia dipimpin oleh Eko Pratama, yang juga Koordinator Pusat BEM Nusantara. BEM Nusantara kubu Eko adalah kubu yang menemui Wiranto, 8 April lalu, sebelum demonstrasi mahasiswa BEM SI 11 April. Kala itu, BEM Nusantara pimpinan Eko memilih tidak ikut turun ke jalan pada 11 April.


Saksikan Juga, Sosok Minggu Ini: Soraya Cassandra, Hijaukan Secuil Lahan di Tanah Urban



[Gambas:Video 20detik]




(dwia/dnu)