Rekomendasi Lengkap Panja DPR ke Menteri BUMN Terkait Penyelamatan Garuda

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 23 Apr 2022 07:40 WIB
Panja DPR serahkan rekomendasi terkait penyelamatan Garuda
Panja DPR serahkan rekomendasi terkait penyelamatan Garuda (dok. Istimewa)
Jakarta -

Komisi VI DPR merestui pemerintah untuk selamatkan Garuda Indonesia. Komisi VI pun memberikan sejumlah rekomendasi ke Menteri BUMN Erick Thohir.

Ada 9 rekomendasi dari hasil rapat panitia kerja (Panja) penyelamatan Garuda. Rekomendasi itu diserahkan setelah dibacakan oleh Ketua Panja Penyelamatan Garuda Martin Manurung kepada Menteri BUMN dalam Rapat Kerja Komisi VI DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (22/04/2022) sore.

"Komisi VI DPR RI hari ini menyerahkan Rekomendasi Panja Penyelamatan Garuda kepada Menteri BUMN RI untuk dilaksanakan, sebagai ikhtiar kita bersama untuk menyelamatkan dan menyehatkan maskapai nasional kita, Garuda Indonesia," kata Martin.

Terkait masalah yang dihadapi PT. Garuda Indonesia pada 16 Februari 2022, Komisi VI membentuk Panja Penyelamatan Garuda, dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan.

Panja menggelar rapat dengan berbagai pihak untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi Garuda, mengetahui sumber masalah, sekaligus menggali opsi-opsi penyelamatan. Panja dibentuk dengan tujuan untuk memastikan bahwa Garuda dapat kembali sehat, beroperasi secara optimal, menguntungkan dan berkelanjutan.

Panja kemudian melakukan rapat dengan Kementerian BUMN, Direksi Garuda Indonesia, serta beberapa pemangku kepentingan atau stakeholders terkait.

Martin mengatakan bahwa rekomendasi ini membuktikan bahwa para pemangku kepentingan dapat menyamakan pandangannya untuk menyelamatkan Garuda yang merupakan national flag carrier Indonesia.

"Ini merupakan sebuah bukti nyata bahwa stakeholders atau para pemangku kepentingan dapat bertemu dan berdiskusi, untuk memberikan solusi yang terbaik bagi Bangsa dan Negara Indonesia," ujar Ketua DPP Partai NasDem tersebut.

Setelah mendengar rekomendasi Panja, Menteri BUMN Erick Thohir dan seluruh jajaran langsung berdiri dan bertepuk tangan. Erick menyampaikan terima kasih atas kerja-kerja yang dilakukan oleh Panja.

"Kita bersyukur dan berterima kasih dengan dukungan Panja Komisi VI DPR, sangat berarti dalam upaya penyehatan Garuda," ujar Erick.

Rekomendasi Panja DPR ke Menteri BUMN terkait penyelamatan Garuda, simak di halaman berikut

Saksikan juga 'Kala Terlilit Hutang Rp 139 T, DPR Bentuk Panja Penyelamatan Garuda':

[Gambas:Video 20detik]