Polisi Pulangkan Provokator di Demo 21 April di Patung Kuda Jakpus

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 22 Apr 2022 19:29 WIB
Polisi mengamakan pendemo di Patung Kuda, Jakarta Pusat
Polisi menangkap pendemo di Patung Kuda, Jakarta Pusat. (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Seorang pria berinisial SH ditangkap lantaran diduga melakukan aksi provokasi saat mahasiswa menggelar demonstrasi di depan Patung Kuda, Jakarta Pusat, kemarin. Namun SH kini telah dipulangkan polisi.

"Sudah, sudah kita pulangkan," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Wisnu Wardhana saat dihubungi, Jumat (22/4/2022).

Wisnu mengatakan SH dipastikan bukan dari elemen mahasiswa atau buruh yang menggelar demo pada Kamis (21/4). Kepada polisi, SH mengaku merupakan alumni Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Bukan pelajar, bukan mahasiswa. Dia eks almamaternya UGM," jelas Wisnu.

Hasil pemeriksaan polisi tidak menemukan temuan mencurigakan dari SH. Pria itu pun dipulangkan siang tadi.

"Belum ada sampai sekarang. Makanya kita pulangkan siang ini," katanya.

Untuk diketahui, SH sempat diamankan polisi di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Polisi mengatakan pendemo tersebut diamankan bukan karena memaksa masuk ke arah Istana Negara, melainkan memprovokasi massa.

"Orang yang diamankan tersebut bukan karena memaksa masuk istana," ujar Kasubbag Humas Polres Metro Jakarta Pusat AKP Syam kepada wartawan, Kamis (21/4).

Syam menjelaskan, pendemo tersebut berada di antara polisi yang sedang melakukan pengamanan demo mahasiswa di Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Pria itu memancing massa dan polisi dengan kata-kata kotor dan mengacungkan jari tengah kepada mahasiswa.

"Yang bersangkutan itu mengeluarkan kata-kata kotor dan menunjukkan jari tengah dan terus mengeluarkan kata-kata kotor, memancing dan memprovokasi, makanya kami amankan," jelas Syam.

Simak Video 'Audiensi dengan Pimpinan DPR, Ini yang Diminta Masa Demo 21 April':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/drg)