ADVERTISEMENT

Polri Sebar 2.702 Posko Mudik Selama Operasi Ketupat, Ada Layanan Vaksin

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 22 Apr 2022 18:47 WIB
Jakarta -

Polri menggelar apel pasukan Operasi Ketupat 2022 dalam rangka pengamanan mudik Lebaran. Polri menyiapkan 2.702 posko pelayanan dan pengamanan mudik hingga gerai vaksinasi di titik-titik jalur mudik.

"Yang kita persiapan pospam (pos pengamanan), pos pelayanan, pos terpadu ada kurang lebih 2.702 pos yang kita gelar," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di lapangan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (22/4/2022).

Sigit mengatakan di sejumlah pos tersebut akan disiapkan layanan vaksinasi booster, sehingga masyarakat yang akan mudik dapat melaksanakan vaksin di mana saja.

"Oleh karena itu, kita juga menyelenggarakan vaksin booster di setiap pos kita, pospam, pos pelayanan, pos terpadu juga kita siapkan gerai vaksin sehingga masyarakat yang belum vaksin bisa dilayani," katanya.

Operasi Ketupat ini digelar mulai 28 April hingga 9 Mei 2022. Dalam Operasi Ketupat 2022 ini, Polri menerjunkan 144.392 personel.

Sigit mengatakan puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 28, 29, dan 30 April 2022. Dalam persiapan mudik Lebaran, polisi bekerja sama dengan berbagai instansi terkait.

"Ini melibatkan stakeholder yang ada, baik dari Kementerian Perhubungan, TNI, pemerintah daerah, Jasa Raharja, Pertamina, Basarnas, BMKG, dan kesehatan," katanya.

Lebih lanjut, Sigit mengatakan semua stakeholder terkait siap mendukung mudik tahun ini. Dia menyebut pemerintah dan instansi swasta menyelenggarakan mudik gratis.

"Tentunya semuanya siap untuk mendukung agar mudik kali ini bisa berjalan dengan baik," katanya.

"Kemudian pemerintah dan instansi swasta juga menyelenggarakan mudik gratis bareng, jadi ini pun bisa dimanfaatkan mengurangi beban agar jalan tol bisa dikurangi," lanjutnya.

(mea/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT