ADVERTISEMENT

Pelabuhan Priok Akan Perketat Pemeriksaan Vaksin Booster Saat Arus Mudik

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 22 Apr 2022 16:35 WIB
Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Wisnu Handoko
Foto: WIldan Noviansah/detikcom
Jakarta -

Pelabuhan Tanjung Priok akan memperketat pemeriksaan vaksin booster bagi pemudik. Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Wisnu Handoko mengatakan para pemudik harus mematuhi persyaratan perjalanan selama arus mudik.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, terkait dengan kegiatan mudik itu, terutama dengan protokol kesehatan. Perlunya kita memastikan dukungan vaksin, terutama booster. Kalau baru vaksin 1 dan 2 konsekuensinya harus melihatkan PCR dan antigen," kata Wisnu, Jumat (22/4/2022).

Nantinya sebanyak 210 petugas akan memeriksa calon pemudik di pintu masuk terminal. Sama seperti transportasi udara, di Pelabuhan Tanjung Priok pemudik harus mengisi eHAC.

"Jadi sebelum dia masuk ke gedung ke Terminal penumpang, itu di luar ada petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan dibantu Pelni itu akan mengecek seperti naik pesawat. Jadi dia mesti IHC. Gabungan petugas kepolisian, dibantu Pelni dan lainnya. Jumlahnya kemarin waktu apel kan itu sudah 105 orang satu kali shift. Dalam satu hari ada dua shift berarti 210 orang," sambungnya.

Wisnu menuturkan pihaknya juga mengadakan gerai vaksinasi booster. Nantinya para calon pemudik yang belum menjalani vaksinasi booster akan disuntik di lokasi.

"Untuk memudahkan penumpang agar tidak bolak-balik, kalau sebelum naik kapan dia mau booster kita sediakan booster. Selain itu kita juga dibantu Polres Pelabuhan Tanjung Priok untuk tim medisnya dan dari angkatan laut. Termasuk juga dengan Polres soal pengamanan," kata dia.

Wisnu mengatakan pihaknya melakukan antisipasi terjadinya KIPI. Nantinya pemudik yang mengalami keluhan akan dipantau oleh nakes di kapal.

"Jadi di kapal itu ada tenaga medis, jadi nanti diminta penumpang yang booster supaya melaporkan KIPI-nya," tuturnya.

Dia juga mengimbau pemudik untuk membawa sendiri obat-obatan pribadinya agar mudik berjalan lancar.

"Bisa siapkan obat-obatan setelah booster yang bisa mengurangi. Kita juga mengimbau para penumpang untuk membawa obat-obatan. Memang di kapal disediakan, tapi lebih bagus jika dia bawa sendiri," kata dia.

(idn/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT