ADVERTISEMENT

Blusukan ke Pasar, Ganjar Cek Suplai Minyak-Harga Sembako di Banyumas

Erika Dyah - detikNews
Jumat, 22 Apr 2022 14:56 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Foto: Istimewa
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ketersediaan stok dan harga kebutuhan pokok di Banyumas, Jawa Tengah. Salah satunya dengan blusukan ke Pasar Wage.

Dalam kegiatan blusukannya, Ganjar mengungkap suplai minyak goreng curah dari distributor dan agen untuk para pedagang pasar ini sudah berjalan lancar meski masih dijatah. Selain itu, ia menemukan ada sejumlah harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan.

Ia menambahkan harga minyak goreng curah juga sudah relatif mendekati harga eceran tertinggi (HET), yakni di kisaran harga Rp 17 ribu sampai Rp 18 ribu/kg.

"Saya lihat yang jadi problem minyak relatif sudah mulai terpenuhi, apalagi yang curah. Meskipun pembatasan kepada para pedagang kulakan, ya itu cara kontrol menurut saya bagus," kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Jumat (22/4/2022).

"Suplainya sudah mulai lancar, rata-rata pedagang akan membeli minyak curah harganya di angka Rp 17 ribu sampai Rp 18 ribu," lanjut Ganjar.

Sementara itu, Ganjar menyebutkan kebutuhan di pasar ini juga aman. Baik dari segi persediaan maupun harganya. Ia mengatakan hanya harga daging sapi yang mengalami kenaikan dalam tinjauannya di pasar ini. Kenaikannya pun cukup signifikan sekitar Rp20 ribu.

Diketahui, cabai justru mengalami penurunan harga. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh panen dari petani cabai lumayan banyak.

Kendati demikian, Ganjar mengatakan secara keseluruhan stok dan harga kebutuhan pasar di Jawa Tengah ada yang harganya mengalami kenaikan, tetapi tidak sedikit juga yang menurun. Baginya, yang terpenting adalah stoknya ada di pasar.

"Ada beberapa tempat yang naik dan ada yang turun terkait dengan suplai. Maka nanti kita akan pastikan, yang penting suplainya ada dulu. Kalau kita lihat dari kebutuhan sih semua ada barangnya, tinggal harganya saja," jelasnya.

Ganjar menegaskan pihaknya akan terus melakukan sidak pasar untuk menjamin keamanan stok kebutuhan pokok di pasar. Sekaligus menjamin harga kebutuhan pokok tetap stabil.

Dalam kesempatan ini, Yatno, salah satu pedagang bumbu dapur di Pasar Wage mengatakan hanya bawang merah yang mengalami kenaikan.

"Hari ini sih paling yang naik bawang merah naik Rp2.000 semua, dari Rp 32 ribu sampai Rp 34 ribu sekarang. Yang lain sih aman," ungkap Yatno.

Adapun Sarni, penjual daging sapi di Pasar Wage mengatakan harga daging sapi mengalami kenaikan Rp20 ribu, menjadi Rp150 ribu hingga Rp160 ribu per kg.

"Ya ada yang Rp 150 ribu ada yang Rp 160 ribu. Jadi ngga ada yang mau beli hari ini berkurang," pungkas Sarni.

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT