ADVERTISEMENT

Tak Henti Surat Ormas 'Keliaran' Minta Dana Lebaran

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Apr 2022 06:30 WIB
Ilustrasi THR
Foto: Ilustrasi THR (shutterstock).
Jakarta -

Surat dari organisasi masyarakat Pemuda Pancasila tingkat ranting berkeliaran. Isinya tentang permohonan dana menjelang Lebaran 2022.

Dirangkum detikcom, Jumat (21/4/2022), surat Pimpinan Ranting Cengkareng Timur Pemuda Pancasila itu ditandatangani ketua Samuji dan Sekretaris Alex tertanggal 18 April 2022. PP Cengkareng Timur berharap partisipasi dalam berbagi rezeki dan kebahagiaan kepada mereka untuk menikmati dan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Wakil Ketua Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila DKI Jakarta, Lasman Napitupulu, mengaku belum mengetahui adanya surat tersebut. Dia menegaskan tidak ada kegiatan Pemuda Pancasila yang meminta sumbangan di bulan Ramadan.

"Saya belum terima (laporan soal surat edaran). Kegiatan Ramadan itu kita memang ada program, tetapi tidak melakukan minta sumbangan kiri kanan. Tidak ada bentuk proposal ataupun bantuan-bantuan dari perusahaan ataupun lingkungan mana pun," ujar Lasman saat dihubungi, Selasa (19/4/2022).

Senada dengan Lasman, Sekretaris Wilayah Majelis Pimpinan Wilayah PP DKI Jakarta Embay Supriyantoro mengatakan pihaknya sama sekali tidak pernah mengadakan kegiatan meminta sumbangan ke masyarakat. Dia menjelaskan PP hanya bertugas menjaga keamanan saat hari besar keagamaan.

"Kita nggak ada perintah apa-apa kecuali pengamanan hari-hari agama kita selalu meminta teman-teman mengamankan lokasi-lokasi ibadah itu aja," kata Embay.

Surat serupa juga datang dari Pemuda Pancasila Ranting Desa Cikupa, Kabupaten Tangerang. Mereka meminta tunjangan hari raya (THR) kepada perusahaan/usaha/donatur.

Surat tertanggal 16 April 2022 itu ditandatangani oleh Ketua Pimpinan Ranting Pemuda Pancasila Cikupa, Ruhiyat, dan Sekretaris Albert Hulu.

Salah satu petikan dari surat itu berbunyi, "Sehubungan semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H atau tepatnya pada tanggal 02-03 Mei 2022 dan sebagai salah satu bentuk silahturahmi dan pengabdian dari Organisasi Masyarakat Pemuda Pancasila (Ormas PP) khususnya Ranting Desa Cikupa, maka dengan kerendahan hati ini kami selaku Pimpinan Pemuda Pancasila Ranting Desa Cikupa mengajukan surat permohonan bantuan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk pembinaan anggota Pemuda Pancasila Ranting Desa Cikupa 'SECARA IKLHAS DAN SUKARELA (TANPA PAKSAAN)'".

Ketua Majelis Pimpinan Cabang PP Kabupaten Tangerang Zulkarnain mengatakan belum mengetahui adanya surat edaran tersebut. Zulkarnain menegaskan hal itu dilarang.

"Belum tahu dan dilarang," kata Zulkarnain saat dihubungi detikcom, Rabu (20/4).

Menurutnya, organisasi melarang adanya permintaan pungutan, THR, dan sejenisnya. Zulkarnain menuturkan ia akan memanggil ranting Pemuda Pancasila tersebut untuk klarifikasi.

"Nanti kita panggil klarifikasi. Kita minta pertanggungjawabannya lalu kita lihat dari pertimbangan kita ataukah ada sanksi atau nanti apalah nanti," katanya.

Lihat juga video saat 'Soal Ormas Minta THR, Begini Respons Para Pemilik Usaha':

[Gambas:Video 20detik]



Simak penjelasan polisi di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT