Pimpinan DPR Panggil Mendag soal Kasus Minyak Goreng Senin Pekan Depan

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Kamis, 21 Apr 2022 17:24 WIB
Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi kian menjadi sorotan setelah anak buahnya, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Dirjen Daglu) Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana, ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi pemberian fasilitas ekspor crude palm oil atau CPO atau minyak goreng mentah. Buntut kasus itu, pimpinan DPR bakal memanggil Mendag Lutfi ke parlemen.

"Ini hari Senin kita akan panggil Menteri Perdagangan," kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Dasco mengatakan Mendag Lutfi dipanggil untuk dimintai klarifikasi terkait persoalan kelangkaan minyak goreng.

"Hari Senin (Mendag dipanggil) untuk menjelaskan soal karut-marut minyak goreng," kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu.

Kata Mendag soal Kasus Ekspor Minyak Goreng

Diberitakan sebelumnya, Mendag Lutfi mengaku terkejut dan prihatin atas terjeratnya Dirjen Daglu Wisnu di kasus CPO. Mendag mendukung proses hukum yang sedang berjalan.

"Menanggapi terjeratnya salah satu pejabat @kemendag, saya terkejut dan prihatin. Saya sampaikan pada internal Kementerian Perdagangan dan masyarakat terkait perkembangan terakhir," katanya dalam Instagram resmi @mendaglutfi, Rabu (20/4).

"Kami mendukung proses peradilan dan penegakan hukum yang sedang berjalan. Kami akan selalu kooperatif dan suportif dalam membantu tugas para penegak hukum," tambahnya.

Simak penjelasan Mendag lebih lanjut pada halaman berikut.