ADVERTISEMENT

Demokrat-PKS Puji Sikap Tegas Megawati Tolak Penundaan Pemilu

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 21 Apr 2022 08:44 WIB
Jokowi dan Megawati Tinjau Persemaian Modern Rumpin
Megawati Soekarnoputri dan Jokowi (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri tegas menolak penundaan Pemilu 2024. Ketegasan Megawati mendapat pujian dari Partai Demokrat (PD) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Kami mengapresiasi ketegasan dan keteguhan sikap Ibu Megawati merespons manuver politik penundaan pemilu, perpanjangan masa jabatan presiden, dan presiden 3 periode. Ini relevan atau bersesuaian dengan predikat yang diberikan versi Setneg sebagai Ibu Penegak Konstitusi," kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani kepada wartawan, Rabu (20/4/2022).

"Kami menghormati sikap kenegarawanan Bu Mega yang tidak tergoda dengan pragmatisme politik transaksional untuk mendukung skenario pelanggengan kekuasaan," imbuhnya.

Presiden Jokowi diketahui memang sudah merespon wacana penundaan pemilu, namun menurut Kamhar wacana ini belum benar-benar tutup buku. Masih ada pihak yang mencoba mencari peluang dengan menyuarakan penundaan pemilu.

"Publik saat ini menunggu keseriusan dan ketegasan Pak Jokowi untuk menindak tegas para pembantunya yang telah menjadi motor penggerak dan ikut mewacanakan ini agar tak mendapat julukan sebagai bapak makar konstitusi atau 'the king of lip service', sebagaimana dulu pernah disematkan oleh BEM UI," ujarnya.

PKS: Sikap Negarawan Megawati

Ketua DPP PKS Mardani Ali juga memuji ketegasan Megawati yang menolak penundaan pemilu. Sikap Megawati, menurut Mardani, patut ditiru.

"Sikap negarawan Bu Mega. Semua pihak mesti taat dan menjaga konstitusi," ucap Mardani.

Pemilu 2024 mendatang, menurut Mardani, akan berat karena berbarengan dengan pilkada serentak. Anggota DPR RI itu mengingatkan jangan 'bermain api' dengan penundaan pemilu.

"Tahun 2024 tahun berat bagi bangsa kita. Kita pertama kali melaksanakan pemilu serentak. Jangan bermain api dengan ide penundaan apalagi ide tiga periode. Semua bersama menjaga pelaksanaan Pemilu 2024 dengan disiplin," imbuhnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT