ADVERTISEMENT

Antisipasi Macet, Kapolri Imbau Instansi Swasta Percepat Cuti Lebaran

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 20 Apr 2022 17:20 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saa meninjau Stasiun Pasar Senen
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan tinjauan kesiapan mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, sore hari ini. Sigit meminta instansi-instansi, khususnya swasta, mempercepat cuti lebaran guna menghindari kemacetan.

"Kemudian kita juga mengimbau kepada instansi khususnya swasta untuk bisa mengatur waktu cuti bagi perusahaannya, karena Kementerian Ketenagakerjaan telah mengeluarkan peraturan untuk bisa mengatur cuti secara fleksibel," kata Sigit di Stasiun Senen, Rabu (20/4/2022).

Menurutnya, dengan mempercepat cuti Lebaran, diharapkan dapat mengantisipasi penumpukan pemudik di H-3 lebaran. Selain itu, untuk mengurai adanya kemacetan panjang di jalan raya.

"Harapan kita cuti bisa diberikan jauh-jauh hari misal H-8 sehingga tidak menumpuk di H-3, H-2, H-1, ini juga untuk mengurai karena kurang lebih ada 23 juta kendaraan pribadi dan 17 juta kendaraan roda dua yang akan mengarah ke wilayah timur sehingga tentunya perlu ada alternatif-alternatif, di samping jalan tol ada juga jalan arteri jalur selatan yang juga bisa digunakan dan tentunya jenis-jenis angkutan pun bisa dimanfaatkan," katanya.

"Sehingga potensi terjadi kemacetan, diprediksi arus macet tanggal 28, 29, 30 April 2022 bisa dihindari dengan melaksanakan kegiatan pulang mudik lebih cepat," lanjutnya.

Simak pernyataan Kapolri soal vaksinasi booster pada halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Polri Bicara Kemungkinan PNS Boleh Cuti untuk Mudik Lebih Awal':

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT