ADVERTISEMENT

Live! Adu Perspektif: Mahfud Bicara Islamofobia hingga Trauma Politiknya

detikcom - detikNews
Rabu, 20 Apr 2022 13:03 WIB
Jakarta -

Kontroversi wacana penundaan pemilu, isu intoleransi di balik kebijakan Toa masjid, hingga rumor islamofobia, belakangan mewarnai tajuk pemberitaan di Tanah Air. Memanasnya isu-isu itu memantik aksi massa, yang di beberapa wilayah berujung pada kekerasan dan menelan korban.

Di Kendari, Ipda Imam Agus Husein meninggal setelah mengamankan demonstrasi mahasiswa pada 11 April 2022. Sementara di Ibu Kota Jakarta, aksi anarkistis dilakukan sejumlah oknum terhadap pegiat media sosial sekaligus dosen Fakultas Ilmu Politik UI, Ade Armando.

Kasus terakhir bahkan berekses pada terbangunnya kembali isu perpecahan 'cebong vs kadrun', intoleransi, hingga islamofobia. Isu-isu itu kembali menebalkan kenyataan bahwa polarisasi di masyarakat belum kunjung terobati.

Pemerintahan Jokowi jelas menjadi sasaran kritik publik. Terlebih sejumlah kontroversi disinyalir muncul akibat manuver elite di sekitar istana.

Realitas politik terkini tentu tak lepas dari pengamatan Mahfud Md, selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Tak mengherankan jika mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menjadi salah satu pejabat yang kerap diburu media karena dianggap memegang peta politik terkini.

Lewat program Adu Perspektif yang digelar detikcom bersama Total Politik, secara eksklusif Mahfud menjawab pertanyaan-pertanyaan publik tentang isu yang berkembang. Wawancara ini menjadi menarik, karena Mahfud membumbui perspektifnya dengan pengalaman menelan 'asam-garam' dunia politik, yang juga sempat memunculkan trauma pada dirinya.

Saksikan paparan Mahfud Md dalam Adu Perspektif malam ini, Rabu (20/4/2022), pukul 20.00 WIB.

(ids/ids)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT