Wagub DKI: Kita Bersyukur Tahun Ini Tak Ada Banjir yang Berarti

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 19 Apr 2022 15:55 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Annisa-detikcom)
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Annisa/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku bersyukur Jakarta tahun ini tak dilanda banjir yang berarti. Kondisi ini, kata dia, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

"Kita bersyukur sesungguhnya di tahun ini tidak ada banjir yang berarti seperti tahun-tahun sebelumnya. Ini sudah tanggal 19 April, sampai tanggal 19 di DKI Jakarta hampir tidak ada banjir," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (19/4/2022).

Riza menyatakan hal ini membuktikan pengendalian banjir di Ibu Kota berjalan optimal. Dia berharap Jakarta dapat seterusnya terbebas dari banjir.

"Itu menandakan bahwa kita cukup baik ya dalam pengendalian banjir ya, mudahan nanti sampai akhir April betul-betul tidak ada banjir. Itu harapan kita. Kita berharap dan berdoa ya," ujarnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 29 RT di DKI Jakarta tergenang hari ini. Puluhan RT itu terendam air karena meluapnya Kali Ciliwung.

"Informasi genangan saat ini 29 RT atau 0,095 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta dengan ketinggian lebih dari 40 cm," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta M Insyaf melalui keterangan tertulis, Selasa (19/4).

Insyaf menuturkan data itu diambil per pukul 09.00 WIB. Belum ada perubahan terkait jumlah titik genangan air sampai saat ini.

Adapun titik genangan air tersebar di Jakarta Timur sebanyak 28 RT dan Jakarta Selatan sebanyak 1 RT. Sejauh ini, tidak dilaporkan adanya warga yang mengungsi.

(taa/lir)