Jawab Cak Imin, Jubir Wapres Tegaskan Ma'ruf Tak Ada Urusan Tunda Pemilu

Zhacky - detikNews
Selasa, 19 Apr 2022 12:46 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (Dok. Setwapres)
Jakarta -

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyebut penundaan Pemilu 2024 diusulkan demi menolong Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. Juru bicara Wapres, Masduki Baidlowi, menegaskan Ma'ruf Amin tak ada urusannya dengan usul penundaan pemilu.

Masduki memaparkan 3 poin untuk menanggapi Cak Imin yang menyebut usulan penundaan pemilu demi menolong Ma'ruf Amin. Poin pertama, Masduki mengulas soal tradisi nahdliyin atau warga Nahdlatul Ulama (NU).

"Pertama, itu adalah forum internal nahdliyin, PMII, di mana Cak Imin hadir, lalu kemudian Wapres juga hadir. Jadi Wapres hadir di situ. Jadi dalam tradisi NU itu, sudah ketemu begitu, itu pertama biasanya ada tradisi yang menjadi suasananya longgar, guyon," kata Masduki mengawali tanggapannya, Selasa (19/4/2022).

Pernyataan usul penundaan pemilu demi menolong Wapres Ma'ruf disampaikan Cak Imin dalam peringatan hari lahir Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam (PMII). PMII dan NU memang memiliki ikatan teologis dan kultural.

Kembali ke Masduki. Poin kedua yang dia tekankan yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf sama sekali tak memiliki niat memperpanjang masa jabatan. Ketiga, Masduki menegaskan Ma'ruf konsisten taat pada konstitusi.

"Yang kedua, Pak Jokowi juga sudah menyatakan berulang-ulang. Bahkan yang terakhir menyatakan seperti itu, menyatakan bahwa tidak ada niatan dari Presiden ataupun Wakil Presiden untuk melakukan pengubahan menjadi 3 periode, ingin menjabat 3 periode, itu nggak ada, tidak pernah ada pembicaraan itu," kata Masduki.

"Jadi, kalau kemudian, kembali ke hal yang kedua, kalau kemudian Cak Imin berwacana ya silakan saja. Tetapi, ya saya kira itu ndak ada urusannya dengan Wapres, nggak ada urusannya sama Wapres," imbuhnya.

Berikut ini pernyataan lengkap Masduki selaku jubir Wapres:

Pertama, itu adalah forum internal nahdliyin, PMII, di mana Cak Imin hadir, lalu kemudian Wapres juga hadir. Jadi wapres hadir di situ. Jadi dalam tradisi NU itu, sudah ketemu begitu, itu pertama biasanya ada tradisi yang menjadi suasananya longgar, guyon. Tradisi itu tidak akan pernah hilang di kalangan Nahdlatul Ulama. Guyon dalam hal-hal yang sebenarnya, ya kadang-kadang agak berbau nuansa politis. Mungkin Cak Imin itu.

Yang kedua, Pak Jokowi juga sudah menyatakan berulang-ulang. Bahkan yang terakhir menyatakan seperti itu, menyatakan bahwa tidak ada niatan dari Presiden ataupun Wakil Presiden untuk melakukan pengubahan menjadi 3 periode, ingin menjabat 3 periode, itu nggak ada, tidak pernah ada pembicaraan itu.

Jadi, kalau kemudian, kembali ke hal yang kedua, kalau kemudian Cak Imin berwacana ya silakan saja. Tetapi, ya saya kira itu ndak ada urusannya dengan Wapres, ndak ada urusannya sama Wapres. Wapres tetap pada konsisten dengan apa yang selama ini dia bicarakan dan melangkah sesuai aturan-aturan, konstitusi, yang memang harus dia jalani.

Simak Video 'Alasan-alasan Cak Imin Usul Tunda Pemilu: Perbaiki Ekonomi-Tolong Ma'ruf':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/gbr)