Jokowi Dinilai Punya Banyak Julukan: Bapak Nusantara hingga Bapak Rakyat

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 19 Apr 2022 07:48 WIB
Apakah tahun ini bisa mudik? Jokowi mempersilakan masyarakat untuk mudik Lebaran 2022. Salah satu syarat mudik Lebaran 2022 adalah wajib vaksinasi booster.
Foto: Presiden Jokowi (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Berbagai julukan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) diusulkan. Peneliti politik dari lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrio menilai banyak julukan yang dapat diberikan sesuai dengan hasil kerja Jokowi.

"Julukan itu kan sebenarnya diberikan karena kedekatan terhadap sebuah peristiwa atau sebuah hasil kerja," kata Hensat panggilan akrab Hendri, saat dihubungi Senin (18/4/2022).

Ia mengatakan salah satu julukan yang sesuai dengan hasil kerja yaitu bapak infrastruktur. Namun menurutnya julukan ini akan serupa dengan Presiden Soeharto.

"Nah kalau dilihat dari sana memang bapak infrastruktur itu paling dekat dengan Pak Jokowi karena memang rakyat Indonesia sangat kenal Pak Jokowi ya dari sisi pembangunan infrastrukturnya," kata Hensat.

"Tapi kalau kemudian nanti jadi infrastruktur ya akan dekat dengan Soeharto sih, karena kan Soeharto Bapak Pembangunan basically pembangunan infrasktruktur. Tapi memang beliau membangun," sambungnya.

Selain itu menurutnya julukan Bapak Nusantara juga dapat diberikan ke Jokowi. Hal ini menurutnya sebagai penghargaan terhadap Jokowi yang telah menginisiasi pembangunan Ibu Kota Nusantara.

"Kalau menurut saya salah satu yang bisa diusulkan adalah ya Bapak Nusantara itu, nggak perlu pakai ibu kota tapi nusantara sebagai penghargaan Pak Jokowi yang menginisiasi pembangunan ibu kota baru yang namanya nusantara itu," kata Hensat.

Tidak hanya itu, Jokowi juga disebut sebagai Presiden yang dekat dengan rakyat dan sosok yang sederhana. Sehingga menurutnya julukan sebagai Bapak Rakyat pun bisa disematkan pada Jokowi.

"Ya apapun itu semoga saja ini menjadi torehan sejarah yang baik buat Pak Jokowi. Karena kalau dilihat dari dia banyak lah yang dekat juga selain nusantara dan infrastruktur, dia juga difigurkan sebagai Presiden yang sederhana, presiden yang merakyat, presiden yang memang senangnya kerja kerja kerja. Jadi kalau mau namanya Bapaknya Rakyat ya boleh juga," imbuhnya.

Simak halaman selanjutnya

Saksikan juga 'Pesan Jokowi Kala Muncul Modus Baru TPPU-Pendanaan Terorisme':

[Gambas:Video 20detik]