Ditjen Bina Pemdes Puji Pengelolaan Sampah Desa Sanur Bali

Angga Laraspati - detikNews
Minggu, 17 Apr 2022 22:04 WIB
Ditjen Bina Pemdes Puji Pengelolaan Sampah Desa Sanur
Foto: Ditjen Bina Pemdes
Jakarta - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo melakukan kunjungan ke Desa Sanur Kauh, Bali. Ia pun mengapresiasi Desa Sanur yang sudah melaksanakan pengelolaan sampah dengan baik.

Adapun pelaksanaan itu tercantum di Pergub Bali Nomor 47 Tahun 2019 tentang pengelolaan sampah berbasis sumber serta Perwali Denpasar Nomor 76 Tahun 2019 tentang pelaksanaan swakelola pengelolaan sampah.

"Yang kami amati pengelolaan sampah sudah mengikuti ketentuan sebagaimana diatur dalam ketentuan Pergub Bali Nomor 47 Tahun 2019 tentang pengelolaan sampah berbasis sumber di mana masyarakat diminta untuk turut berpartisipasi dalam mengelola sampah mulai dari rumah," ujar Yusharto dalam keterangan tertulis, Minggu (17/4/2022).

Yusharto mengimbau kepada masyarakat untuk mempertimbangkan atau menambah satu paradigma dalam pengelolaan sampah yaitu berpikir kembali dalam menambah barang atau berbelanja. Jangan sampai barang yang di beli menjadi potensi sampah yang tidak bisa di kelola di kemudian hari.

"Kami juga informasikan, program kerja Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Ditjen Bina Pemdes untuk melakukan peningkatan kapasitas bagi perangkat desa, kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di desa-desa di Indonesia, memperbaiki sistem informasi untuk mendukung aktivitas pemerintahan desa dan melakukan penyesuaian terhadap regulasi yang mengatur tentang penyelenggaraan pemerintahan desa," tuturnya.

Perbekel Sanur Kauh I Made Ada yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengamini keterangan Yusharto. Menurutnya sesuai Pergub tersebut, pihaknya menjalankan tugas untuk menjalankan kebersihan di desa dengan di dukung oleh para kepala dusun.

"Tidak kalah pentingnya kami ucapkan terima kasih kepada seluruh Desa Sanur Kauh yang sudah tidak neko-neko dalam membantu kami dan sangat sadar sekali. Tanpa masyarakat, kami tidak akan bisa mengelola sampah berbasis sumber," katanya.

Di antara pejabat yang hadir adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kota Denpasar I Wayan Budha, Camat Denpasar Selatan I Made Sumarsana dan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil) Provinsi Bali Si Ngurah Made Arya Astawa. (fhs/ega)