ADVERTISEMENT

Dipasangkan dengan Anies Jadi Capres-Cawapres 2024, AHY Ogah Berandai-andai

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 17 Apr 2022 21:47 WIB
Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut pertemuan dengan Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai nostalgia.
Ilustrasi Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Foto: Rifkianto Nugroho)

AHY mengaku akan mempersiapkan diri untuk mengembalikan kejayaan Partai Demokrat. Dia juga meminta soliditas dan kekompakan seluruh kader.

Dia mengatakan sang ayahanda, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selalu mengajarkan untuk memiliki niat yang baik dan berjuang dengan cara yang baik untuk mencapai kejayaan. Selebihnya, AHY menyerahkan kepada rakyat dan takdir yang Maha Kuasa.

"SBY selalu mengajarkan pada kita untuk memiliki tujuan yang baik. Niat yang baik dan berjuang dengan cara-cara yang baik, hanya itu modal kita, selebihnya kita serahkan kepada rakyat setelah itu kita juga menunggu takdir yang Maha Kuasa hanya itu sebagai manusia yang bisa kita lakukan," ujar AHY.

Survei SRMC

Diketahui sebelumnya, SMRC memasangkan Anies Baswedan dengan AHY sebagai pasangan capres-cawapres Pemilu 2024 untuk kepentingan survei. Setujukah Anda Anies dan AHY jadi pasangan?

Dalam survei yang digelar pada 13-20 Maret 2022, SMRC mensimulasikan 3 pasangan capres-cawapres, Anies-AHY salah satunya. Dua pasangan lain, yakni Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto, dan Prabowo Subianto-Puan Maharani.

Survei SMRC dimaksud digelar melalui wawancara tatap muka kepada masyarakat yang berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Jumlah sampel survei SMRC kali ini sebanyak 1.220 responden, dengan 1.027 responden yang dianalisis. Adapun margin of error survei ini +- 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

Dalam surveinya, SMRC melakukan 2 simulasi pasangan capres-cawapres. Setiap simulasi ada 3 pasangan. Hasilnya, pasangan Anies-AHY selalu menang dalam 2 simulasi tersebut.

"Jika pemilihan presiden-wakil presiden diadakan sekarang dan diikuti oleh tiga pasangan, Anies-AHY vs Ganjar-Airlangga vs Prabowo-Puan, ketiga pasangan tersebut mendapat dukungan yang kurang lebih sama," demikian petikan rilis survei SMRC yang dirilis hari ini, Kamis (7/4/2022).

Berikut hasil simulasi pertama:

Anies-AHY: 29,8%
Ganjar-Airlangga: 28,5%
Prabowo-Puan: 27,5%
Tidak tahu/tidak jawab: 14,3%


(whn/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT