ADVERTISEMENT

Pecah Kepadatan, Menhub Imbau Pemudik Juga Berangkat di Tanggal 25-27 April

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Minggu, 17 Apr 2022 19:39 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus mudik lebaran akan terjadi pada 28-29 April 2022. Ia pun mengimbau agar sebagian warga bisa melakukan mudik lebih cepat.

"Pada tanggal 28-29 April, hari-hari itu adalah puncak mudik," kata Budi saat melakukan ramp check di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (17/4/2022).

"Oleh karenanya saya mengimbau agar saudara-saudara yang akan mudik itu melakukannya dari tanggal 25-27 April," tambahnya.

Budi menyebut pemerintah sudah menyiapkan sejumlah upaya untuk melancarkan perjalanan saat mudik lebaran tahun ini. Salah satunya adalah dengan diterapkannya rekayasa lalu lintas (lalin) di sejumlah ruas jalan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.

"Dan dikhawatirkan kalau pun kita melakukan rekayasa lalin, itu sangat mengkhawatirkan" ucapnya.

Oleh karena itu, Budi mengimbau para pemudik untuk melakukan perjalanan lebih awal dari prediksi puncak arus mudik. Hal itu perlu dilakukan agar kepadatan di jalan dapat dikurangi dan perjalanan mudik menjadi lancar.

"Sehingga terjadi suatu spreading dan mengurangi kepadatan yang ada di jalan," ujar Budi.

Imbau Mudik Tak Pakai Motor

Budi mengatakan dari 85 juta pemudik, 47% di antaranya diprediksi bakal menempuh perjalanan darat. Ia pun menyinggung soal penggunaan motor untuk mudik ke kampung halaman.

"Dan dari situ 47% akan menggunakan perjalanan darat, pribadi. Baik dengan motor maupun dengan mobil. Oleh karenanya saya secara pribadi, dengan segala kerendahan hati seyogyanya kalau mudik jangan pake motor," imbuhnya.

(fas/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT