ADVERTISEMENT

Ibadat Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta Berlangsung Khidmat

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 15 Apr 2022 16:05 WIB
Suasana ibadat Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta (Anggi Muliawati/detikcom)
Suasana ibadat Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta. (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Gereja Katedral Jakarta menggelar perayaan Jumat Agung dalam memperingati Hari Paskah hari ini. Perayaan berlangsung dengan khidmat disertai dengan protokol kesehatan (prokes).

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (15/4/2022), pukul 14.05 WIB, jemaat terlihat mulai berdatangan. Sebelum masuk, panitia gereja terlihat melakukan pengecekan tas jemaat.

Kemudian terhadap jemaat dilakukan pengecekan suhu tubuh terlebih dulu sebelum masuk. Selain itu, jemaat diminta melakukan scan barcode PeduliLindungi.

Jemaat terlihat menjaga jarak sesuai dengan yang sudah disiapkan panitia gereja. Mereka tampak mengenakan masker.

Kemudian, pada pukul 15.02 WIB, ibadah Jumat Agung pun dimulai. Terlihat jemaat menjalani ibadah dengan khusyuk.

Ibadat dimulai dengan arak-arakan romo-romo. Ibadat dipimpin Kardinal Ignatius Suharyo, Romo Vincentius Adi Prasojo, Pr, dan Romo Joannes Maryana, SJ.

Dalam peringatan Paskah ini, Gereja Katedral Jakarta mengangkat tema 'Pekan Suci 2022: semakin mengasihi, semakin peduli, semakin bersaksi'. Adapun rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan mulai dari hari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan Minggu Paskah.

"Di tahun ini, tema rangkaian dari Paskah dan Tri Hari Suci ini semua mengacu pada satu tema, yaitu semua semakin mengasihi, semakin peduli, semakin beraksi, dimana ada judul penghormatan martabat manusia," kata Humas Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie kepada wartawan, Jumat (15/4).

Susyana mengatakan kapasitas ibadat Jumat Agung tersedia sebanyak 75 persen atau 1.105 jemaat. Pembatasan itu disesuaikan dengan PPKM level dua.

"Sesuai PPKM level dua, maka kapasitas bisa maksimal di 75%, yaitu untuk Katedral 1.105," katanya.

Simak video 'Gelar Misa Jumat Agung, Katedral Batasi Jumlah Jemaat':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/azh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT