Mutasi Polri, Kepala Biro SDM-Dirkrimum Polda Metro Dipromosi Job Bintang 1

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 15 Apr 2022 07:37 WIB
Gedung Polda Metro Jaya
Gedung Polda Metro Jaya (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah perwira menengan (pamen) Polda Metro Jaya terkena mutasi. Dua di antaranya mendapatkan promosi jabatan job bintang satu atau Brigjen.

Keduanya adalah Kepala Biro SDM Polda Metro Jaya Kombes Ida Bagus dan Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat. Promosi jabatan keduanya tertuang dalam Surat Telegram (ST) Kapolri bernomor ST/747/IV/KEP/2022, tertanggal 13 April 2022.

Dalam surat telegram itu, Kombes Ida Bagus diangkat sebagai Karoada B/J Slog Polri. Sementara Kombes Tubagus diangkat dalam jabatan baru sebagai Penyidik Tindak Pidana Utama Tk II Bareksrim Polri.

Yang mana, jabatan Karoada B/J Slog Polri dan Penyidik Tindak Pidana Utama Tk II Bareksrim Polri ini dijabat oleh jenderal bintang satu atau Brigjen. Hal ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan.

"Iya, benar," singkat Zulpan saat dihubungi detikcom, Jumat (15/4/2022).

Profil Singkat Kombes Tubagus Ade Hidayat

Kombes Tubagus Ade diketahui menjabat Dirkrimum Polda Metro Jaya sejak pertengahan 2020. Sejumlah kasus diungkap jajaran Ditreskrimum Polda Metro Jaya di bawah pimpinannya.

Sejumlah kasus yang menonjol yang pernah diungkap Kombes Tubagus mulai dari kasus pengeroyokan yang dilakukan oleh kelompok John Kei. Selain itu penindakan pelanggaran protokol kesehatan dalam kegiatan Maulid Nabi yang digelar oleh Habib Rizieq pada Desember 2020 pun pernah ditangani oleh Kombes Tubagus.

Terbaru, Kombes Tubagus Ade Hidayat dan jajarannya mengungkap kasus pengeroyokan dosen UI Ade Armando. Dalam tempo yang singkat, Kombes Tubagus Ade dan jajaran menangkap 3 tersangka pengeroyokan terhadap Ade Armando.

Jajaran Ditkrimum Polda Metro Jaya semasa di bawah kepemimpinan Kombes Tubagus juga pernah mengungkap kasus yang menjadi atensi pimpinan. Salah satunya mafia tanah keluarga Dino Patti Djalal.

Total ada 11 pejabat di lingkungan Polda Metro Jaya yang dirotasi. Berikut daftarnya:

1. Kepala Biro SDM Polda Metro Jaya, semula dijabat Kombes Ida Bagus, kini digantikan oleh Kombes Langgeng Purnomo.

2. Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, semula dijabat Kombes Tubagus Ade Hidayat, kini digantikan oleh Kombes Hengki Haryadi.

3. Kapolres Metro Jakarta Pusat, semula dijabat Kombes Hengki Haryadi, kini diganitkan oleh Kombes Komarudin.

4. Kapolres Metro Tangerang Kota yang sebelumnya dijabat Kombes Komarudin digantikan oleh Kombes Zain Dwi Nugroho.

5. Kapolres Metro Tangerang, semula diduduki oleh Kombes Zain Dwi Nugroho, kini dijabat oleh Kombes Raden Romdon Natakusuma.

6. Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo digantikan oleh Kombes Pasma Royce. Kombes Ady Wibowo dipindahtugaskan sebagai Auditor Kepolisian Madya TK I Itwasum Polri.

7. Wadirreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan dipromosikan sebagai Dirreskrimsus Polda Kaltara. Posisinya di Polda Metro digantikan AKBP Donny Arief Praptomo.

8. Kabagbinops Roops Polda Metro Jaya AKBP Dahana dimutasi ke Karolog Polda Kalimantan Utara.

9. Wadirpolairud Polda Metro Jaya AKBP Idham Mahdi dipromosikan sebagai Kapolresta Yogyakarta.

10. Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Dwi Prasetya dipromosikan sebagai Kapolres Padangsidimpuan.

11. Kasubdit 5 Ditreskimsus Polda Metro Jaya AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito diangkat sebagai Kapolres Wonosobo.

Lihat juga video '10 Personel Satnarkoba Polresta Bandara Soetta Dimutasi':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/mei)