Kisah Pemuda di Maluku Lulus Jadi TNI Meski Ayah WN Myanmar

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 14 Apr 2022 11:56 WIB
Henz DJ Songjanan dan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Kota Ambon, maluku (Dok. Istimewa)
Henz DJ Songjanan dan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Kota Ambon, Maluku (Dok. Istimewa)
Tual -

Pemuda asal Maluku bernama Henz DJ Songjanan lulus menjadi siswa sekolah Calon Tamtama TNI Angkatan Darat Rindam XVI/Pattimura. Padahal, Henz merupakan putra dari seorang pria berkebangsaan Myanmar bernama Maikel Songjanan, yang pernah memalsukan data kependudukan.

Henz kala itu berpotensi batal dilantik gegara perkara tersebut. Namun, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memastikan Henz akan tetap dilantik menjadi anggota TNI AD.

"Minggu depan dia akan dilantik," kata Dudung kepada wartawan di auditorium Unpatti Ambon seperti dikutip dari detikSulsel, Kamis (14/4/2022).

Dudung menilai Henz sama sekali tidak terlibat dalam urusan pemalsuan data yang dilakukan ayahnya. Bahkan, Dudung menyebut Henz dan ayahnya merupakan warga asli Maluku.

"Kemudian kebijakan saya mereka sudah berpuluh tahun hidup di sini, mereka warga Maluku," ujarnya.

Dudung meminta Kodam Pattimura membantu Henz dan keluarganya mengurus sejumlah dokumen kependudukan tersebut. "Saya sampaikan kepada Pangdam coba perbaiki, bantu orang tuanya di Tual sana akhirnya kita bantu administrasi," tutur Dudung.

Baca berita selengkapnya di sini.

(rak/idh)