Mensos: Distribusi BLT Minyak Goreng Selesai April, Ada 20,5 Juta Penerima

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 13 Apr 2022 16:45 WIB
Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi minyak goreng mulai disalurkan ke masyarakat. Warga di Tegal dan Banjarmasin ramai-ramai antre demi BLT minyak goreng.
Penyerahan BLT minyak goreng. (Antara Foto)
Jakarta -

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyatakan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng sudah mulai didistribusikan. Dia menyebut ada sekitar 20,56 juta penerima BLT minyak goreng.

"Sudah kita bagi, jadi kita top up kan mereka penerima sekitar 20,56 juta sekian. Itu nanti kita top up kan mereka nerima bantuan yang PKH ya, PKH nanti di-top up Rp 100 (ribu) kali 3 bulan, (jadi) Rp 300 ribu," kata Risma kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/4/2022).

"Di bulan April ini harus selesai sebelum Mei. Mei akan menerima bansos reguler seperti biasanya," tambahnya.

Risma tidak mengetahui pasti persentase BLT minyak goreng yang sudah diserahkan. Dia memastikan distribusi BLT minyak goreng akan selesai sebelum Lebaran.

"Aku nggak (tahu) persis, tapi sudah proses. Insyaallah bisa seminggu sebelum Lebaran," kata Risma.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta bantuan sosial kepada masyarakat disalurkan. Dia ingin bantuan itu diterima masyarakat sebelum Lebaran atau Idul Fitri.

"Berkaitan dengan bantuan sosial, saya harapkan baik PKH dan lain-lain, plus kemarin, BLT minyak goreng bisa disalurkan secepat-cepatnya, sebelum Lebaran tiba," kata Jokowi, Rabu (6/4).

Hal itu disampaikan dalam pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara pada Selasa (5/4) kemarin.

Jokowi mengatakan bantuan tersebut akan begitu dirasakan masyarakat jika diterima sebelum Lebaran. Dia berharap bantuan-bantuan tersebut sudah mulai tersalurkan minggu-minggu ini.

"Bukan apa-apa, mungkin kita tidak merasakan, tapi Rp 300 ribu bagi rakyat itu, pas mau Lebaran itu, rasanya betul, saya bisa merasakan betul itu senangnya kalau bisa memegang uang itu, bisa buat membeli minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya. Senangnya kalau bisa memegang uang itu, bisa dipakai untuk membeli minyak goreng dan kebutuhan-kebutuhan pokok lainnya," imbuhnya.

(eva/jbr)