Tancap Gas! KPU-Bawaslu Baru Bahas Tahapan Pemilu 2024 dengan DPR Hari Ini

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 13 Apr 2022 12:45 WIB
Jakarta -

Anggota KPU dan Bawaslu baru resmi menjabat setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut pihaknya bersama anggota KPU dan Bawaslu baru serta Komisi II DPR akan mulai membahas tahapan Pemilu 2024 hari ini.

"Kita kan ingin mem-follow up. Kemarin sudah ada pelantikan (anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027). Inilah komisioner KPU dan Bawaslu yang mengeksekusi Pemilu 2024," kata Tito Karnavian kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Tito menuturkan pembahasan yang dilakukan hari ini akan lebih teknis. Dia menyebut rapat hari ini adalah bentuk konsistensi pemerintah, KPU, Bawaslu, dan Komisi II DPR.

"Karena kemarin dilantik, langsung hari ini sebelum reses, hari ini langsung dilaksanakan rapat untuk pembahasan yang lebih teknis," ucap Tito.

"Saya kira itulah menunjukkan konsistensi kita untuk mem-follow up hasil rapat 24 Januari yang setelah terjadi penetapan tanggal. Nah sekarang diikuti dengan pembahasan tahapan," imbuhnya.

Berdasarkan agenda dari Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI, hari ini Komisi II DPR RI melakukan rapat kerja/rapat dengar pendapat dengan Mendagri, Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan Ketua DKPP dalam rangka membicarakan persiapan Pemilu Serentak 2024.

(fca/zak)