ADVERTISEMENT

Hari Zeni 2022: Tema Peringatan dan Sejarah Pasukan Zeni di Indonesia

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Rabu, 13 Apr 2022 10:28 WIB
Hari Zeni diperingati setiap tahun pada tanggal 15 April. Kelompok Zeni memiliki tugas untuk membantu pasukan tentara Angkatan Darat (AD).
Hari Zeni 2022: Tema Peringatan dan Sejarah Pasukan Zeni di Indonesia (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Hari Zeni diperingati setiap tahun pada tanggal 15 April. Kelompok Zeni memiliki tugas untuk membantu pasukan tentara Angkatan Darat (AD).

Lantas, bagaimana sejarah pembentukan Zeni di Indonesia? Simak ulasan berikut ini tentang serba-serbi pasukan Zeni AD.

Hari Zeni 2022: Tema Perayaan Setiap Tahun

Hari Zeni tahun ini jatuh pada hari Jumat, 15 April 2022. Melansir dari situs Kodam Udayana, tema pada HUT Korps Zeni Angkatan Darat adalah Yudha Karya Satya Bhakti, yang artinya mengabdi dengan kesetiaan terhadap tugas di masa perang maupun di masa damai, demi keberhasilan tugas pokok TNI Angkatan Darat.

Hari Zeni 2022: Asal-usul Kata Zeni

Mengutip dari situs Universitas Stekom Semarang, kata Zeni berasal dari bahasa Belanda 'Genie' yang artinya pandai/banyak kecerdikannya. Zeni memiliki peran penting dalam Angkatan Darat, termasuk bantuan tempur yang melancarkan pergerakan pasukan dan lainnya.

Hari Zeni 2022: Sejarah Pembangunan Pusdikzi di Indonesia

Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) sebagai Penyelenggara pendidikan Zeni AD di Indonesia berdiri sejak tahun 1945. Pusdikzi termasuk Korps tertua di jajaran TNI Angkatan Darat, dengan dimulainya Sekolah Genie di Batujajar, Bandung pada tanggal 2 November 1945 oleh Achdiyat Soeparmadi.

Sekolah Genie menggunakan pelatih dari eks sersan-sersan Koninklijk Nederlandsch Indische Leger (KNIL). KNIL adalah pasukan tentara yang dimiliki Hindia Belanda. Pelatih sekolah Genie saat itu adalah Kapten Adam yang membentuk Batalyon Genie Pionir dengan para pelatih dan siswa sebagai tenaga intinya.

Namun, sekolah Genie di Bandung tidak berkembang akibat adanya suatu hal. Kemudian, Sekolah Kader Genie di Kleco, Surakarta berdiri pada 23 Februari 1946 untuk mendidik 100 Siswa yang terdiri dari 10 orang Perwira, 32 Bintara dan 58 Tamtama.

Sekolah Kader Genie ini berubah nama menjadi Sekolah Dasar Genie. Pada tanggal 15 April 1950, terjadi peristiwa serah terima antara Depot Genie Troepen KNIL kepada TNI AD, sehingga tanggal tersebut dijadikan 'Hari Jadi Pusdikzi' atau 'HUT Zeni' berdasarkan Surat Keputusan Kasad No. 263. KSAD/ KPTS/1954 tanggal 27 september 1954.

Sejalan dengan perubahan organisasi TNI AD, Pusat Pendidikan Zeni terus berkembang. Hal tersebut tidak lepas dari peran para pejabat Komandan Pusdikzi yang telah mencurahkan tenaga dan pikiran untuk kemajuan Pusdikzi dari masa ke masa.

Hari Zeni 2022: Tugas-tugas Kelompok Zeni

Zeni berperan aktif dalam membantu tugas pasukan Angkatan Darat. Selain membantu pasukan AD dalam hal tempur, Zeni juga memiliki sejumlah tugas lain di antaranya:

  • Konstruksi prasarana militer, khususnya di daratan
  • Pembangunan perkubuan, khususnya konstruksi dan destruksi militer di medan perang
  • Penyamaran atau kamuflase
  • Penyelidikan
  • Penjinakan badan peledak (Jihandak)
  • Penyediaan fasilitas hidup di lapangan bagi pasukan.
(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT