Jasa Marga: Kenaikan Tarif Tol Tak Terkait Mudik Lebaran

Dwi Rahmawati - detikNews
Senin, 11 Apr 2022 20:03 WIB
Suasana arus lalu lintas kendaraan terlihat padat di Tol Dalam Kota tepatnya di depan Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta, Senin (11/04/2022), jelang aksi demontrasi mahasiswa.
Ilustrasi (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Jasa Marga melakukan penyesuaian tarif tol per 30 Maret 2022 lalu. Jasa Marga memastikan kenaikan tarif tol tidak terkait adanya mudik Lebaran, tetapi sudah menjadi bussiness plan 2 tahunan.

"Kalau ditanya, kami tidak ada rencana menyesuaikan tarif jelang Lebaran. Dan penegasan kami penyesuaian tarif itu suatu hal yang reguler," papar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso, saat jumpa pers di Kantor Jasa Marga, Senin (11/4/2022).

Heru mengatakan kenaikan tarif yang terjadi pada Maret 2022 sudah termasuk dalam rencana bisnis jangka dua tahun Jasa Marga. Hal ini menepis kenaikan lantaran menjelang perayaan hari besar.

"Karena kita melakukan penyesuaian itu bukan mau Lebaran, mau Nataru, kan nggak. Tapi sudah ada dalam business plan. Setiap 2 tahun kita ajukan," sambungnya.

Ia pun meminta kenaikan tarif tak disangkutpautkan dengan perayaan Idul Fitri. Pasalnya sebulan sebelumnya, tarif pun sudah disesuaikan mengikuti laju inflasi.

"Jadi tolong tidak mengaitkan penyesuaian tarif dengan kebutuhan Lebaran. (Kenaikan) disesuaikan business plan laju inflasi tiap dua tahun agar tetap menjaga tingkat kelayakan bisnis jalan tol," kata Heru.

Sementara itu, untuk saat ini perseroan belum mempunyai alternatif pemotongan harga jelang Lebaran. Hanya, mereka berupaya memberikan pelayanan terbaik di jalur mudik.

"Terkait diskon sampai dengan sekarang belum ada diskusi ke sana. Dan kami meyakini kondisi saat ini fokus dari sisi peningkatan pelayanan, peningkatan volume dalam jangka waktu 2-3 Minggu. Kita harus melakukan perbaikan agar tercapai tujuan," jelasnya. (isa/isa)