ADVERTISEMENT

Demo 11 April Bubar, Pangdam Jaya Pastikan Kondisi Ibu Kota Aman!

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 11 Apr 2022 19:05 WIB
Kapolda Metro (Rolando-detikcom)
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto (Rolando/detikcom)
Jakarta -

Panglima Kodam Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayjen Untung Budiharto menyatakan kondisi Ibu Kota DKI Jakarta aman dan kondusif pascademo hari ini yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). Untung meminta demo yang diwarnai kericuhan seperti hari ini menjadi yang terakhir.

"Saya hanya ingin menegaskan kembali bahwa saat ini Ibu Kota Jakarta dalam keadaan aman dan kondusif. Saya berharap unjuk rasa kali ini yang terakhir," kata Untung di gedung DPR RI, Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat (11/4/2022).

Untung menyebut ada yang hendak memprovokasi di tengah situasi damai. "Karena kita ketahui bahwa di dalam kedamaian itu juga ada orang yang ingin memprovokasi para mahasiswa yang berniat baik untuk menyampaikan aspirasi-aspirasinya," sambung Untung.

Untung menyebut pemerintah telah merespons keinginan para mahasiswa. Untuk itu, Untung meminta kesucian bulan Ramadan dapat dijaga, terutama jangan sampai terjadi pertumpahan darah.

"Aspirasi sudah diterima, saya kira respon pemerintah untuk melaksanakan keinginan para pengunjuk rasa sehingga bulan suci yang saat ini kita lalui bisa dilaksanakan dengan baik. jangan sampai ada pertumpahan darah," tutur Untung.

Untung mengaku prihatin atas aksi anarkis yang menodai demonstrasi damai BEM SI, yakni terlukanya enam anggota polisi saat mengevakuasi pegiat media sosial (medsos) Ade Armando dari kerumunan pengeroyoknya. Dia menekankan lagi harapannya agar demonstrasi yang diwarnai kericuhan seperti hari ini tak lagi terjadi.

"Kita lihat dan sangat prihatin enam orang aparat keamanan dari kepolisian harus berdarah karena kegiatan ini," ucap Untung.

"Untuk ini kami minta seluruh masyarakat, adik-adik masyarakat untuk sama-sama menjaga bulan suci ini sebaik-baiknya. Saya mengimbau agar unjuk rasa kali ini saja untuk dilaksanakan, terima kasih," sambung Untung.

(aud/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT