ADVERTISEMENT

Demo 11 April, Jl Medan Merdeka Barat ke Istana Ditutup Kawat Berduri!

Nahda Rizki Utami - detikNews
Senin, 11 Apr 2022 14:41 WIB
Lalu lintas dari Patung Kuda ke Istana ditutup kawat berduri sore ini.
Lalu lintas dari Patung Kuda ke Istana ditutup kawat berduri sore ini. (Nahda/detikcom)
Jakarta -

Massa menggelar demonstrasi di Patung Kuda, Jakarta Pusat, sore ini. Jalan Medan Merdeka Barat sudah ditutup dengan kawat berduri.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (11/4/2022) pukul 14.20 WIB, terlihat petugas kepolisian sedang menutup jalan menggunakan kawat berduri. Jalan Medan Merdeka Barat ke Istana telah ditutup.

Terlihat sebuah sepeda motor dan bus Kementerian Pertahanan yang ingin melewati Jalan Medan Merdeka Barat. Namun, karena jalan sudah tertutup, mereka diharuskan putar balik.

Terlihat juga sejumlah massa yang sedang mendatangi kawasan Patung Kuda. Mereka berteriak 'Jokowi Mundur....Jokowi Mundur'.

Sebelumnya, polisi menyiapkan rekayasa penutupan lalu lintas di kawasan Istana menjelang demo hari ini. Lalu lintas menuju Istana Negara sedianya akan ditutup pukul 09.00 WIB tadi guna mengantisipasi massa demo.

"Kalau di titik ini nanti penutupan Jalan Medan Merdeka Barat kita akan tutup pukul 09.00 WIB," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2022).

Adapun lalu lintas menuju Istana yang ditutup adalah:

- Jl Medan Merdeka dari Patung Kuda sampai dengan Harmoni
- Jl Majapahit
- Gambir (Ambon 9) menuju Istana
- Jalan Veteran I, II, III

"Yang samping Bina Graha itu juga kita akan lakukan penutupan, termasuk jalan dari arah samping Museum Majapahit, kita juga akan lakukan penutupan dan untuk lalu lintasnya, kita alihkan baik dari arah Budi Kemuliaan maupun ke Jalan Medan Merdeka Selatan," katanya.

Sambodo mengatakan massa demo diperkirakan terpusat di dua titik, yakni di Patung Kuda dan di depan gedung DPR/MPR RI. Oleh karena itu, pihak kepolisian melakukan rekayasa penutupan lalin menuju Istana mulai radius 500 meter atau dari Patung Kuda.

"Untuk di DPR/MPR penutupan sifatnya situasional," imbuhnya.

(mea/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT