Antrean Solar Hilang, Warga Sumbar Berterima Kasih ke Andre Rosiade

Nada Zeitalini Arani - detikNews
Senin, 11 Apr 2022 07:01 WIB
Andre Rosiade
Foto: Andre Rosiade
Jakarta -

Kelangkaan solar atau biosolar bersubsidi yang mengakibatkan antrean kendaraan mengular di sejumlah SPBU di Kota Padang sepekan terakhir ini sepertinya tidak ada lagi. Hampir semua SPBU di Padang terlihat tertib dan jalan raya pun tak terganggu akibat membeludaknya 'pemburu' solar sampai ke jalan-jalan dan mengakibatkan kemacetan.

Hal ini bermula dari peninjauan yang dilakukan Anggota DPR RI Andre Rosiade bersama Direktur Utama (Dirut) Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution, Jumat (1/4) lalu. Keduanya bersama tim melihat langsung sejumlah SPBU dari kawasan BIM, Bypass Kototangah, Bypass Pauh, Aia Sirah Lubukbegalung, Bungus Teluk Kabung sampai ke Terminal Pertamina Teluk Kabung.

Andre dan Alfian memastikan kepada Sales Aera Manager (SAM) Pertamina Retail Sumbar I Made Wira Pramarta agar tidak ada lagi kelangkaan solar setelah mereka kembali. Berapapun kebutuhan solar warga Sumbar harus diguyurkan, agar tak ada lagi antrean dan kemacetan di jalan raya.

Hasilnya, setelah lebih dari sepekan inspeksi Andre-Alfian itu, sampai Minggu (10/4) tetap tidak terlihat antrean kendaraan mengisi solar di SPBU-SPBU. Tidak hanya di Kota Padang saja, tapi juga di sejumlah Kabupaten dan Kota. Kalaupun masih ada antrean, jumlahnya tidak terlalu banyak lagi.

Tak ayal hal ini menjadi kabar baik bagi masyarakat, tidak saja para pengguna solar seperti sopir dan pengusaha angkutan. Masyarakat biasa pun tak lagi terganggu dengan antrean solar yang memacetkan jalan. Seperti yang diakui Reni Putri, seorang karyawan swasta yang sebulan terakhir kerap merasa tertanggu dengan kemacetan akibat antre solar.

"Mantap Andre Rosiade ini. Sudah sejak hari Minggu saya naik Trans Padang, tak pernah ada antrean lagi di SPBU Ulak Karang, Padang karena bus antre solar. Bahkan sebelumnya saya harus naik angkutan kota dulu sebelum ke Trans Padang agar tak telat sampai ke kantor. Luar biasa Andre Rosiade, dipilih juga 2024 nanti. Terima kasih," kata Reni.

Dia menyebut, biasanya bisa sangat lama menembus antrean di Jalan Khatib Sulaiman dan Ulak Karang. "Biasanya dari jam 3 sampai jam 4 sore itu jadwal Trans Padang mengisi BBM di SPBU Ulak Karang. Sekarang tidak lama lagi di SPBU, lancar jaya. Telah terbukti kerja nyata Andre Rosiade yang asli orang Sumbar ini," kata alumni Universitas Andalas (Unand) Padang ini.

Seorang pengemudi sekaligus pemilik truk di Padang, Irfan mengakui "kesaktian" Andre Rosiade yang bisa menghadirkan Dirut Pertamina Patra Niaga. Dia menyebut, belum pernah rasanya ada orang Pertamina pusat yang sampai turun ke Kota Padang memastikan ketersediaan solar. Baru kali ini anggota DPR bisa membawanya.

"Kelangkaan solar bukan hari ini saja, mungkin hampir setiap tahun. Tapi hari ini kita saksikan, setelah Andre Rosiade dan direksi Pertamina datang, solar tak langka lagi. Antrean itu 'tiba-tiba' hilang dan semua lancar. Semoga ini bisa bertahan lama, hingga kami yang sangat bergantung pada solar subsidi ini tidak mati berdiri," katanya.

Ketua DPC Himpunan Swasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Sumbar Ridwan Hosen menyebut Andre Rosiade sebagai 'urang awak hebat.' Karena selalu berbuat untuk nagari dengan berkolaborasi dan bersinergi. Hal itu terbukti dengan berhasil membawa Dirut Pertamina Patra Niga ke Sumbar.

"Saya dari DPC Hiswana Migas Sumbar salut dengan kerja keras Andre Rosiade sebagai anggota DPR. Saya juga mengusulkan agar pemerintah berani menaikkan harga BBM solar subsidi. Karena terlalu murah dan uang negara yang tersalur ke subsidi BBM ini harus terukur. Agar pemerintah bisa dapat membantu masyarakat yang miskin dalam bidang kesehatan dan pendidikan lebih banyak lagi," katanya.

Di media sosial (medsos), Andre Rosiade juga banjir pujian. Banyak yang mengaku tidak salah memilih Andre Rosiade pada Pileg 2019 lalu. Tak jarang yang juga memastikan akan mencoblos Andre pada Pileg 2024 mendatang. Karena, Andre dianggap sebagai wakil rakyat yang berbeda dari kebanyakan.

Yacob Yasnelda mengaku berterima kasih kepada Andre Rosiade dan merasa tidak salah memilih Andre pada Pileg tiga tahun lalu. "Tak salah kami memilih bapak yang selalu memperhatikan rakyat yang sedang kesusahan," tulisnya dalam akun Instagram @yacobyasnelda.

Akun @dedysalmanswl menulis, Andre Rosiade sebagai anggota DPR yang peduli dengan Sumbar. Dia berharap, akan hadir 'Andre Rosiade' yang lain yang bisa membantu masyarakat Sumbar. "Mantap bang Andre, Anggota DPR yang peduli dengan Sumbar. Semoga ada Andre R yang lainnya," tulisnya.

Akun @eka_53 mendoakan Andre terus maju memperjuangkan masyarakat dan mendoakannya bisa menjadi Gubernur Sumbar nanti. "Maju terus da Andre Rosiade. Kalau seperti ini terus, bisa uda jadi Gubernur Sumbar besok da. Jaringan uda luas," tulisnya.

Lain lagi dengan @hendri.yunaldi.7 yang menyebutkan, Andre Rosiade peduli dengan penderitaan masyarakat banyak. "Mantap Bang Andre Rosiade. Kasihan rakyat sudah susah dengan keadaan sekarang. Bertindak nyatalah untuk rakyat, khususnya Sumbar," katanya.

Akademisi Unand Ilham Adelino Azre yang turut dalam peninjauan SPBU bersama Andre mengakui, apa yang dilakukan Andre Rosiade adalah langkah yang tepat. Di banding mengirimkan surat ke Pertamina, atau melakukan hearing, membawa langsung direksi Pertamina ke Padang lebih efektif.

"Ini gebrakan yang hebat. Dirut Pertamina Patra Niaga dibawa ke Sumbar dan memastikan soal kelangkaan dan antre solar subsidi. Semoga dengan langkah ini membuat solar di Sumbar tidak lagi langka lagi, karena sangat menyengsarakan masyarakat," kata dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ini.

(ega/ega)