ADVERTISEMENT

Gubernur Aceh Puji Ganjar Usulkan Pejuang Aceh Jadi Pahlawan Nasional

Erika Dyah - detikNews
Minggu, 10 Apr 2022 21:04 WIB
Ganjar Pranowo
Foto: Istimewa
Jakarta -

Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengapresiasi perhatian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada salah satu pahlawan Aceh, Pocut Meurah Intan. Diketahui, sebelumnya Ganjar mengusulkan Pocut sebagai pahlawan nasional.

Adapun usulan ini disampaikan Ganjar pada saat berziarah ke makan Pocut pada Hari Pahlawan tahun lalu. Pocut merupakan pejuang Aceh yang dibuang oleh Belanda ke Blora, Jawa Tengah. Pocut pun tinggal di Blora hingga akhir hayatnya dan dimakamkan di sana.

"Pocut calon pahlawan nasional, terima kasih Pak Ganjar yang mengusulkan pejuang kami," kata Nova dalam keterangan tertulis, Minggu (10/4/2022).

Saat menyambut kunjungan Ganjar Pranowo di rumah dinasnya, Nova mengungkap dirinya juga baru saja berkunjung ke Blora untuk menjenguk mahasiswa Aceh yang kuliah di Akademi Migas Blora. Dalam kunjungannya tersebut, Nova juga menyempatkan berziarah ke makam Pocut.

"Saya bertemu warga dan ahli waris di sana, mereka mewanti-wanti agar saya tidak memindahkan makam ke Aceh. Saya bilang tidak, justru kami rencanakan di APBD untuk upgrade makam beliau lebih bagus," ungkap Nova.

Nova juga mengucapkan terima kasih kepada Ganjar yang telah memperhatikan pahlawan Aceh ini.

"Saya terima kasih Pemprov Jateng mengusulkan Pocut Meurah Intan jadi Pahlawan Nasional," tandasnya.

Sementara itu, Ganjar mengungkap pengusulan Pocut sebagai pahlawan nasional berawal dari upacara Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 di Asrama Mahasiswa Aceh.

"Kebetulan nama asramanya Pocut Meurah Intan, dari situ kita jadi tahu ternyata makamnya di Blora, akhirnya kita ziarah dan bersih-bersih makam dan tercetuslah ide pahlawan nasional," jelas Ganjar.

Ganjar menilai sudah sepantasnya Pocut menjadi pahlawan nasional, mengingat besarnya pengabdian dan pengorbanannya pada Ibu Pertiwi.

"Meski diasingkan di Blora namun spirit Pocut justru menginspirasi dan membakar semangat pejuang-pejuang di Jawa Tengah," pungkasnya.

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT