ADVERTISEMENT

Heboh Ikan Pelus Jumbo 12 Kg di Sungai Serayu Banjarnegara

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Apr 2022 21:11 WIB
Warga Desa Kalipelus Banjarnegara menangkap ikan pelus raksasa di Sungai Serayu, Rabu (6/4/2022).
Foto: dok. Samsul/warga Desa Kalipelus, Banjarnegara
Jakarta -

Warga Banjarnegara menangkap ikan berukuran jumbo di Sungai Serayu. Ikan jenis pelus itu memiliki panjang sekitar 150 cm dan berat 12 kg.

"Kemarin saya timbang berat ikannya 12 kilo. Padahal biasanya kalau saya mancing paling 3 kilo sampai 4 kilo. Kalau panjang sekitar 1,5 meter. Saya kan tingginya 170 sentimeter, nah ikannya hampir sama," ujar warga Desa Kalipelus, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara, Samsul, dilansir detikJateng, Jumat (8/4/2022).

Samsul mengatakan dirinya menemukan ikan tersebut saat Sungai Serayu sedang banjir lumpur dua hari lalu. Dia mengetahui banyak warga yang sebelumnya telah mengambil ikan di sana sejak awal April. Ada beragam jenis ikan, dari pelus, tawes, baceman, dan lainnya. Ukurannya pun beragam.

"Jadi pertamanya pada hari Jumat minggu lalu tanggal 1 April. Itu banyak yang pada nemu ikan di Sungai Serayu. Nah pas hari Rabu kemarin saya dengar mau dibuka lagi pintu dari waduk PLTA Mrica. Makanya setelah buka puasa saya ke sungai dan menemukan ikan pelus berukuran besar," jelasnya.

Samsul menyampaikan, ikan pelus jumbo itu telah dia jual kepada orang lain seharga Rp 700 ribu. Dia menyebut masih memelihara ikan pelus dengan ukuran yang lebih kecil yang juga dia temukan di Sungai Serayu.

"Kalau yang besar sudah dijual, kemarin pas ada yang butuh. Saya jual Rp 700 ribu. Sekarang di rumah tinggal yang kecil," ujarnya.

Baca berita selengkapnya di sini.

Lihat juga video 'Heboh! Ikan Pari Raksasa Ditemukan di Sungai Musi':

[Gambas:Video 20detik]

(dek/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT