Viral Aplikasi M-Paspor Down, Imigrasi Minta Maaf

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 08 Apr 2022 16:26 WIB
M-Paspor
Foto: Screenshot
Jakarta -

Netizen riuh oleh layanan aplikasi M-Paspor yang down atau tidak bisa mengunduh berkas permohonan paspor. Dirjen Imigrasi meminta maaf atas hal tersebut.

"Aplikasi Mobile Paspor (M-Paspor) untuk sementara dilakukan perbaikan terhitung Jumat (08/04), menyusul kendala teknis yang terjadi pada dua pekan terakhir," kata Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Amran Aris dalam siaran pers, Jumat (8/4/2022).

M-Paspor dirilis pada 26 Januari 2022 dan menjadi prosedur prapengurusan paspor pada 126 Kantor Imigrasi di seluruh Indonesia. Imigrasi kini melakukan perbaikan untuk beberapa hari ke depan hingga aplikasi benar-benar bisa digunakan kembali oleh masyarakat.

"Kami sedang melakukan perbaikan," ujarnya.

Mengapa Bisa sampai Down?

Amran mengakui terjadinya peningkatan permintaan paspor mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang semakin membaik. Animo masyarakat akhirnya kembali naik untuk memperpanjang paspor atau membuat paspor baru. Apalagi sudah banyak negara yang membuka gerbang kedatangan untuk warga negara asing atau wisatawan.

"Betul, sedang diperbaiki untuk sementara waktu. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan perbaikan ini akan selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama sehingga bisa digunakan kembali memfasilitasi para pemohon paspor," ujar Amran.

M-Paspor pada awalnya diinisiasi untuk memfasilitasi pemohon melakukan pra permohonan paspor dengan mengisi formulir dan mengunggah pindai berkas ke aplikasi secara mandiri. Dengan demikian, pemohon cukup menunjukkan berkas aslinya saat datang ke kantor imigrasi sehingga memangkas waktu tatap muka. Fitur-fitur unggulan M-Paspor antara lain Pembayaran PNBP di Awal, Cek Status Permohonan Paspor, Validasi NIK Dukcapil, Reschedule Jadwal Kedatangan dan Integrasi Dokumen Perjalanan RI.

Amran mengimbau masyarakat yang sudah membayar dan mengalami kendala pada pengurusan paspor melalui M-paspor agar bisa menghubungi Livechat konsultasi keimigrasian di www.imigrasi.go.id. Sementara itu, masyarakat yang kesulitan mengakses M-Paspor dipersilakan datang langsung ke kantor imigrasi terdekat. Mereka akan dibantu pelayanannya dengan antrean secara walk-in.

"Bagi masyarakat yang baru akan melakukan pengurusan paspor, kami persilakan datang langsung ke kantor imigrasi. Petugas Imigrasi siap membantu pengurusan paspor Anda," beber Amran.

"Kami mengucapkan terima kasih atas masukan dan saran dari masyarakat untuk perbaikan serta peningkatan kualitas pelayanan paspor ke depannya," pungkasnya.

(asp/zap)