ADVERTISEMENT

Cara Kominfo Perkenalkan Maudy Ayunda Jubir G20: Tanyakan Personality-nya

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 08 Apr 2022 15:45 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Maudy Ayunda bersama Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi memberikan keterangan saat konferensi pers di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Kamis (7/4/2022). Dalam konferensi pers tersebut Kominfo memperkenalkan Maudy Ayunda sebagai Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20.
Maudy Ayunda (Agung Pambudhy/detikcom)

Maudy kemudian menjelaskan soal cara komunikasi yang akan digunakan. Dia mengatakan bakal tampil memberi penjelasan secara rutin tiap pekan tentang apa saja agenda ataupun diskusi yang telah dibahas terkait KTT G20.

"Di luar itu, karena memang satu objective-nya saya bisa menyampaikan kontennya itu dengan cara yang mudah dicerna, kita tetap akan menggunakan platform media sosial, dan platform saya agar tetap bisa bertemu dengan teman-teman milenial dan gen Z di area, di tempat di mana mereka spend their time, yaitu media sosial," tuturnya.

Pertanyaan kedua untuk Maudy Ayunda ialah bagaimana agenda pertemuan G20 dan apa peran nyata G20. Maudy awalnya menjawab dengan menyinggung jawaban dari Dedy yang telah menjelaskan soal rangkaian ataupun tema yang dibahas dalam KTT G20.

Maudy kemudian menjelaskan soal kerja nyata dirinya terkait G20. Dia mengatakan, dia bertugas untuk membuat penjelasan tentang rangkaian dan substansi KTT G20 lebih mudah dipahami.

"Kerja nyata saya di sini sebagai juru bicara, banyak konsep-konsep dan substansi-substansi yang aku pun harus mencerna pada saat aku mendapatkan konten dari tim. Thankfully, karena memang background aku gitu ya juga cukup mendukung dari pendidikan, dari proses itu aku bisa mencerna dan mudah-mudahan bisa mengkomunikasikan dengan baik dan dengan lebih mudah dimengerti, lebih membumi lagi agar teman-teman milenial dan gen Z bisa mengerti," ucapnya.

Berikutnya, ada pertanyaan soal nasib KTT G20 jika negara-negara barat menolak seiring rencana kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin. Pertanyaan ini kemudian dijawab oleh Dedy.

Setelah Dedy menjawab, pemandu acara kembali mengingatkan soal diskusi digelar untuk memperkenalkan Maudy Ayunda sebagai salah satu jubir. Pemandu acara juga mengingatkan lagi agar pertanyaan disampaikan terkait personality Maudy Ayunda.

"Ada banyak sekali isu-isu internasional yang tentu saja akan ditanyakan apalagi misalnya tagline-nya atau acaranya soal G20. Tapi lagi-lagi saya ingatkan teman-teman di sini bahwa acara hari ini merupakan media briefing juga sekaligus ingin memperkenalkan kepada masyarakat Indonesia bagaimana seorang Maudy Ayunda nantinya memang akan bertugas dan sudah ditunjuk sebagai tim juru bicara Presidensi G20. Jadi, mudah-mudahan pertanyaan semua di sini berkenaan dengan personality-nya Maudy Ayunda dan bagaimana pemerintah dalam hal ini bisa menunjuk Maudy Ayunda," ucap pemandu acara Daniar Achri.

Berikutnya, ada pertanyaan soal isu apa saja yang bisa ditanyakan ke Maudy. Dia kemudian menjawab kalau dirinya bertugas menyampaikan informasi ke masyarakat luas, milenial dan gen Z tentang agenda dan poin diskusi yang sudah berjalan selama presiden G20.

"Untuk hal-hal yang teknis dan spesifik atau substansi-substansi yang lebih spesifik itu memang dalam G20 ini banyak sekali topik yang dibahas ada track, sherpa track, finance track, ada juga jubir-jubir lain dalam area-area yang akan menyampaikan ke masyarakat," tuturnya.


(haf/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT