Kemenhub Siapkan Mudik Gratis 10.500 Penumpang, Bisa Daftar Online-Offline

ADVERTISEMENT

Kemenhub Siapkan Mudik Gratis 10.500 Penumpang, Bisa Daftar Online-Offline

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 08 Apr 2022 11:59 WIB
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan layanan mudik gratis untuk 10.500 penumpang via jalur darat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi minat masyarakat mudik menggunakan sepeda motor.

"Kami sudah dapat perintah dari Pak Menteri, dan sudah kita siapkan SE kita akan siapkan 350 bus mudik gratis tahun ini dengan mengangkut penumpang sekitar 10.500 penumpang," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi saat konferensi pers, Jumat (8/4/2022).

"Itu akan kita bagi baik yang mudik dan balik, tapi untuk mudik cukup banyak sekitar 8.100 penumpang dengan jumlah bus 270. Kemudian yang kita fasilitasi baliknya ada sekitar 2.400 penumpang dengan jumlah bus 80," lanjut Budi.

Tak hanya itu, Kemenhub juga akan menyediakan truk angkut kendaraan secara gratis. Ada 34 unit truk yang akan mengangkut kendaraan pemudik.

"Jumlah sepeda motor yang terangkut sekitar 1.020 kendaraan sepeda motor, baik itu yang mudik maupun balik, yang mudik sekitar 510 motor untuk 17 truk, kemudian truk balik sama 510 dengan 17 truk juga," jelasnya.

Rute Mudik Gratis Jateng dan Jabar

Untuk tujuan mudik gratis sendiri, Kemenhub hanya menyiapkan tujuan ke Jawa Tengah dan Jawa Barat. Sebab, survei Kemenhub menyatakan pemudik terbanyak itu tujuannya ke Jawa Tengah.

Jawa Barat tujuannya Tasikmalaya, Garut, dan Cirebon. Sementara Jawa Tengah ke Tegal, Semarang, Kudus, Solo, Wonogiri, Purwerejo, Purwokerto, dan Cilacap.

"Memang sebagian besar ke Jawa Tengah, karena hasil survei saja banyak perjalanan masyarakat yang ke arah Jawa Tengah," jelasnya.

Meski begitu, Budi mengatakan waktu keberangkatan belum ditentukan yang jelas antara 27,28,29 April 2022. Dia mengatakan saat ini Kemenhub masih akan mematangkan layanan mudik gratis ini.

Pendaftaran mudik gratis ini bisa dilakukan mulai pekan depan. Pendaftaran akan dilakukan secara online dan offline dengan mengisi formulir manual di lokasi pendaftaran.

(zap/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT