bank bjb Raih Penghargaan BPD Terbaik di Ajang Indonesia FX Award 2022

Muhamad Yoga Prastyo - detikNews
Kamis, 07 Apr 2022 17:07 WIB
bank bjb Raih Penghargaan BPD Terbaik di Ajang Indonesia FX Award 2022
Foto: Dok. bank bjb
Jakarta -

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) meraih penghargaan Bank Pembangunan Daerah (BPD) terbarik dalam ajang Indonesia FX Award 2022 pada Senin (4/4).

Diketahui, FX Awards merupakan ajang yang bertujuan untuk mempromosikan transparansi dan likuiditas di pasar valuta asing Indonesia. Pemenang penghargaan dalam ajang ini ditentukan berdasarkan aktivitas perdagangan di platform perdagangan valuta asing Refinitiv.

Direktur Information Technology, Treasury & International Banking bank bjb Rio Lanasier berterima kasih kepada Bank Indonesia yang telah berinisiatif mengadakan platform FX Matching yang dilakukan bersama Refinitiv itu.

"Kami merasakan dengan adanya platform seperti ini maka transaksi FX, dollar-rupiah khususnya akan menjadi lebih transparan sehingga bank bjb bisa memberikan harga yang terbaik bagi nasabah dan juga kecepatan," kata Rio dalam keterangan tertulis, Kamis (7/4/2022).

Rio mengungkapkan bank bjb senantiasa mendukung Bank Indonesia yang turut serta meluncurkan platform FX Matching demi memberikan harga yang terbaik dan kecepatan bagi nasabah.

"Kami berharap jumlah kontributor akan terus bertambah sehingga meningkatkan volume transaksi dollar-rupiah dan juga memperdalam market dollar-rupiah di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti mengapresiasi Refinitiv sebagai penyedia pertama Sistem FX Multi-matching di pasar domestik Indonesia. Pihaknya menyambut baik penyedia eksternal mana pun yang mendukung pasar domestik selama mereka berkomitmen untuk membangun pasar uang Indonesia dan sepanjang sesuai dengan ketentuan dan regulasi Bank Indonesia.

"Saya juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua bank yang berpartisipasi dalam platform baru dan saya berharap transaksi melalui ETP Multi-matching akan terus meningkat di masa depan," ungkap Destry.

"Ke depan, upaya untuk mengembangkan Financial market infrastructures (FMI) akan terus dilakukan. Namun, Bank Indonesia menyadari bahwa kita tidak dapat melakukannya sendiri, kita harus bekerja sama untuk mencapai keadaan pasar uang yang modern dan maju yang diinginkan," imbuhnya.

Direktur Penjualan FX Trading-Asia Refinitiv menuturkan bahwa FX Awards ini merupakan award yang pertama diadakan di Indonesia. Pihaknya juga mengucapkan selamat yang sebesar-besarnya kepada semua pemenang.

"Refinitiv telah hadir di Indonesia sejak 1984, dan sebagai salah satu sebagai penyedia data dan infrastruktur pasar keuangan terbesar di dunia, kami berkomitmen untuk mendukung pasar keuangan yang efisien, transparan, dan tangguh di Indonesia," pungkasnya.

Sebagai informasi, FX Multi Matching merupakan platform yang diluncurkan Refinitiv sebagai layanan pencocokan dalam perdagangan valuta asing elektronik secara global yang mewakili pasar elektronik antarbank pertama di Indonesia.

Revinitif FX Matching juga memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses likuiditas pasar valuta asing lebih baik. Dengan demikian, maka akan terjadi pendalaman pasar valuta asing di Indonesia yang dapat meningkatkan partisipasi pasar, meningkatkan terjadinya perdagangan dengan harga yang dikehendaki oleh pembeli dan penjual, serta membantu regulator dalam menjaga pasar yang adil dan transparan.

Valuta asing juga dinilai tetap menjadi salah satu kelas aset yang paling aktif diperdagangkan di dunia. Adapun volume harian rata-rata (ADV) perdagangan valuta asing asing pada Januari 2022 di seluruh platform FX Refinitiv secara global mencapai $491 miliar dengan volume harian rata-rata untuk perdagangan spot sebesar $97 miliar.

(akd/ega)