Tongkat Sunan Kalijaga Disimpan di Masjid Kedondong, Kini Hilang

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 07 Apr 2022 15:05 WIB
Jakarta -

Masjid Kedondong di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), merupakan salah satu peninggalan dari Raden Said atau biasa dikenal sebagai Sunan Kalijaga. Di masjid ini, tersimpan sebuah tongkat yang dipercaya milik tokoh wali songo tersebut.

Dikutip dari detikJateng, meskipun bernama Masjid Kedondong, masyarakat setempat biasa menyebutnya Masjid Sunan Kalijaga.

Disebut demikian karena masjid yang terletak di Dusun Semaken I, Kalurahan Banjararum, Kapanewon Kalibawang, ini dulunya dibangun oleh Sunan Kalijaga lewat perantara Adipati Terung. Adipati Terung, yang juga dijuluki Panembahan Bodho, tak lain adalah murid Sunan Kalijaga.

Masjid Sunan Kalijaga berdiri pada 1477 Masehi, yang berarti usianya sekarang sudah menginjak 545 tahun. Karena umurnya sudah berabad-abad, bangunan masjid telah beberapa kali direnovasi. Terakhir renovasi besar-besaran dilakukan pada 1990.

Benda cagar budaya yang masih lestari di masjid ini di antaranya empat saka guru, beduk, mustaka, pohon angsana, serta bangunan sumur tua sebagai sumber air untuk wudu sekaligus penopang kehidupan masyarakat sekitar.

Sejatinya terdapat satu lagi benda kuno yang seharusnya masih tersimpan di masjid ini, yaitu sebuah tongkat yang dipercaya milik Sunan Kalijaga.

Sayangnya, tongkat bersejarah itu sudah lama hilang lantaran dicuri oleh orang tak bertanggung jawab.

Silakan baca berita selengkapnya di sini.

(rdp/idh)