ADVERTISEMENT

BSSN Ungkap Alasan Politeknik Sandi Negara Hanya Terima Taruna Pria

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 07 Apr 2022 14:18 WIB
Para taruna pria Politeknik SSN (Dok. Politekssn)
Para taruna pria Politeknik SSN (Dok. Politekssn)
Jakarta -

Sekolah kedinasan Politeknik SSN atau Siber dan Sandi Negara (SSN) disorot karena hanya membuka pendaftaran mahasiswa baru hanya untuk pria. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) selaku penyelenggara mengungkap alasan mengapa Poltek SSN hanya menerima mahasiswa baru pria saja.

Awalnya, juru bicara BSSN Ariandi Putra menjelaskan bahwa secara umum tidak ada persyaratan khusus seperti jenis kelamin untuk menjadi taruna Poltek SSN. Bahkan saat ini Poltek SSN masih diisi oleh taruni (mahasiswi putri).

"Secara umum, tidak ada persyaratan khusus tentang jenis kelamin untuk mendaftar menjadi taruna Poltek SSN. Komposisi perbandingan taruna Poltek SSN saat ini adalah 66,40% putra dan 33,60% putri. Bahkan untuk angkatan 2019, komposisi taruna putri lebih banyak (52,57%) daripada taruna putra (47,43%)," kata Ariandi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/4/2022).

Namun ada perbedaan untuk tahun ini. Tahun ini Poltek SSN hanya menerima taruna putra atas dasar kebutuhan dan alokasi.

"Khusus pada 2022, atas dasar kebutuhan dan alokasi, penerimaan Poltek SSN hanya menerima taruna putra. Tidak menutup kemungkinan tahun depan, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya Poltek SSN menerima taruna putra dan putri," ungkapnya.

Dia juga mengungkap data komposisi pegawai BSSN yang saat ini juga masih diisi oleh pegawai wanita. Komposisi pegawai ini tidak hanya berasal dari Poltek SSN, tetapi juga dari luar Poltek SSN.

"Sementara untuk komposisi pegawai BSSN saat ini terdiri dari 67,67% pria dan 32,33% wanita. Pegawai BSSN tidak hanya bersumber dari Poltek SSN, namun BSSN juga melakukan rekrutmen pegawai melalui jalur penerimaan CPNS umum. Pada tahun 2021, BSSN melakukan penerimaan CPNS dengan hasil 66,67% pegawai pria dan 33,33% pegawai wanita," ujarnya.

"Selain itu, BSSN juga melakukan penerimaan melalui jalur formasi prestasi dengan hasil 80% pegawai pria dan 20% pegawai wanita," sambungnya.

Poltek SSN Hanya Terima Taruna Pria Disorot

Poltek SSN membuka pendaftaran mahasiswa baru namun hanya untuk pria. Pembuka pendaftaran 9-30 April 2022. Peluang diperuntukkan bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK yang memenuhi syarat.

Politeknik SSN hanya menyediakan 100 formasi untuk pendaftaran 2022. Kuota ini tercantum dalam Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/510/M.SM.01.00/2022 tanggal 18 Maret 2022.

Syarat dan dokumen daftar Politeknik SSN di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT