ADVERTISEMENT

PSI Ragu Hasil Penjualan Tiket Formula E Tutupi Pengeluaran APBD DKI

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 07 Apr 2022 13:30 WIB
Sejumlah pekerja mengerjakan proyek Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Rabu (30/3).
Progres pembangunan sirkuit Formula E di Ancol, Jakut (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Panitia bakal menjual 50 ribu tiket Formula E dengan harga mulai Rp 350 ribu. PSI meragukan hasil penjualan tiket dapat menutupi pengeluaran APBD DKI Jakarta selama ini.

Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra mengatakan DKI diperkirakan hanya mendapat Rp 300 miliar untuk balapan 3 musim apabila harga tiket Formula E dipukul rata Rp 1 juta per orang. Dengan estimasi ini, Anggara ragu Pemprov untung dari hasil penjualan tiket.

"Jika kita ambil rata-rata harga tiket seharga Rp 1 juta dengan kapasitas 50 ribu orang, dalam tiga tahun kita hanya dapat Rp 300 miliar. Nggak akan bisa ganti pengeluaran APBD, apalagi untung," kata Anggara melalui keterangan tertulis, Kamis (7/4/2022).

Untuk itu, Anggara meminta penentuan harga tiket dilakukan dengan perhitungan yang tepat. Dia mengingatkan agar pemasukan dari tiket dapat menutupi biaya yang sudah dikeluarkan dari APBD.

Wakil Ketua Komisi E itu juga menyoroti penjualan tiket Formula E yang terus molor dari jadwalnya. Menurutnya, hal ini menandakan persiapan Formula E tidak jelas.

"Saya kemarin baca pernyataan Bang Ahmad Sahroni. Katanya, mundur lagi penjualan tiket. Sekarang, JakPro sedang terburu-buru mengingat waktu sampai tanggal pelaksanaan hanya tersisa 60 hari, tapi penjualan tiket terus diundur. Apalagi JakPro melalui Ketua Komite Pelaksana Formula E telah berjanji bahwa akan ada pelatihan bagi UMKM, konser musik, dan hiburan lainnya. Paniknya makin kelihatan, semuanya jadi tampak tidak jelas," jelasnya.

Meski begitu, Anggara tetap berharap ajang Formula E Jakarta bisa berjalan dengan maksimal. Dia meminta setiap pihak menjaga nama baik Jakarta dan Indonesia di kancah dunia.

"Kami kan memang yang pertama dan dari awal menolak secara konsisten Formula E. Terlihat juga persiapan bermasalah sana-sini. Sekarang ya sudah, jaga saja nama baik Jakarta dan Indonesia kalau mau tetap lanjut. Jangan sampai, kita sudah keluar uang banyak, lalu harus menanggung malu. Kami yakin semua pihak commit," imbuhnya.

Tiket Formula E Dijual Mei

Sebagaimana diketahui, setelah molor lima bulan, akhirnya panitia Formula E Jakarta mengumumkan kepastian tiket Formula E. Ketua Panitia Organizing Committee (OC) Formula E Ahmad Sahroni dalam keterangannya, Selasa (5/4), mengatakan tiket akan dijual pada Mei 2022. Ada sekitar 50 ribu lembar tiket yang dijual kepada publik.

Sahroni mengatakan penjualan tiket akan mulai dilakukan bulan Mei. Sahroni mengatakan molornya penjualan tiket karena mencari waktu yang tepat.

"Ada perhitungan yang terbaik untuk cari yang paling murah harga tiket penjualan agar masyarakat nonton," kata Sahroni, Selasa (5/4).

Simak Video 'Tok! Tiket Formula E Jakarta Akan Dijual Mulai dari Rp 350 Ribu':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT