Timeline Wacana Penundaan Pemilu: Digaungkan Para Menteri, Ditutup Jokowi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 07 Apr 2022 12:59 WIB
jokowi marah, 7 Desember 2015.
Foto: Presiden Jokowi. (detikcom/Biro Pers Kepresidenan)
Jakarta -

Sejak awal tahun 2022, wacana tentang penundaan Pemilu 2024 bergulir liar. Kini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tegas melarang para menterinya berbicara tentang penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Sebagaimana diketahui, usul soal penundaan pemilu ini sempat disuarakan oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia pada Januari 2022 lalu. Isu penudaan pemilu ini pun terus bergulir dan diteruskan oleh menteri-menteri yang lain.

Selama tiga bulan lebih, isu ini terus bergulir hingga akhirnya Jokowi meminta para menterinya untuk berhenti berbicara soal penundaan pemilu atau perpanjangan masa jabatan presiden.

Dirangkum detikcom, Kamis (7/4/2022) berikut ini timeline wacana penundaan pemilu.

-Menteri Investasi Bahlil Lahadalia (10 Januari 2022)

Usul soal penundaan pemilu ini awalnya diungkapkan oleh Bahlil Lahadalia. Dia mengungkapkan pandangan para pengusaha terkait penyelenggaraan Pilpres 2024. Dia mengklaim bahwa para pengusaha berharap penundaan pemilu.

"Saya sedikit mengomentari begini, kalau kita mengecek di dunia usaha, rata-rata mereka memang berpikir adalah bagaimana proses demokrasi ini dalam konteks peralihan kepemimpinan, kalau memang ada ruang untuk dipertimbangkan dilakukan proses untuk dimundurkan itu jauh lebih baik," kata Bahlil dalam survei Indikator seperti dikutip, Senin (10/1/2022).

"Kenapa, karena mereka ini baru selesai babak belur dengan persoalan kesehatan. Ini dunia usaha baru mau naik, baru mau naik tiba-tiba mau ditimpa lagi dengan persoalan politik," ujar dia.

Simak Video 'Kala Jokowi Semprot Menteri Gegara Pertamax Naik-Urus Pemilu':

[Gambas:Video 20detik]