Catatan Legislator soal Rencana RI Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Rakyat Ukraina

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Kamis, 07 Apr 2022 10:43 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Fraksin Partai Demokrat Rizki Natakusumah
Rizki Natakusumah (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Demokrat (PD) Rizki Natakusumah mendukung Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi terkait pertimbangan Indonesia mengirim bantuan kemanusiaan kepada rakyat Ukraina. Namun Rizki memberi sejumlah catatan terkait rencana tersebut.

"Kami memahami wacana tersebut karena memang sekarang rakyat Ukraina dirundung kesulitan dalam mengakses kebutuhan harian mereka. Kami juga berharap bahwa negara lain turut serta memberikan bantuan kemanusiaan kepada mereka yang terkena dampak konflik secara langsung," kata Rizki Natakusumah kepada wartawan, Kamis (7/4/2022).

Namun dia mewanti-wanti pemerintah RI juga mempertimbangkan aspek keamanan saat bertugas di wilayah konflik tersebut. Lantas, menurut dia, jatuhnya korban jiwa dapat dihindari.

"Catatan kami adalah bahwa pengiriman tersebut juga harus mempertimbangkan aspek keamanan sehingga tidak menimbulkan korban jiwa atau masalah lain," ujarnya.

Dia menggarisbawahi situasi kesulitan juga terjadi di dalam negeri. Dia menyoroti tarif BBM yang naik dan mahalnya harga bahan pokok.

"Hal lain yang tak kalah penting adalah prinsip 'charity begins at home'. Faktanya, rakyat kita juga tengah dirundung kesulitan dalam memenuhi kebutuhan harian, mulai BBM mahal hingga harga bahan pokok yang melambung," ujar politikus PD itu.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.