Kemenhub Tambah 3 Bandara Jadi Pintu Masuk Kepulangan PMI

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 06 Apr 2022 18:29 WIB
Wide-angle view of a modern aircraft gaining the altitude outside the glass window facade of a contemporary waiting hall with multiple rows of seats and reflections indoors of an airport terminal El Prat in Barcelona
Ilustrasi Bandara (Getty Images/iStockphoto/skyNext)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah menambah jumlah bandara menjadi pintu masuk kepulangan pekerja migran Indonesia (PMI). Penambahan ini dilakukan karena adanya potensi peningkatan jumlah PMI yang mudik ke Tanah Air.

"Potensi peningkatan PMI yang akan mudik ke Indonesia pascapelonggaran ini, terutama di Riau dan Kepri. Potensi kepulangan jemaah umrah yang meningkat saat puasa," kata Budi Karya dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022).

Ada tambahan 3 bandara yang menjadi pintu masuk kepulangan PMI. Tiga bandara dimaksud, yakni Medan, Makassar, dan DI Yogyakarta.

Selain itu, Kemenhub akan mengecek kelaikan moda transportasi yang dipakai untuk mudik, khususnya transportasi udara. Menhub Budi Karya mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Menko PMK Muhadjir Effendy soal kegiatan pengecekan tersebut.

"Kami juga memastikan kelayakan operasi dengan dilakukan ramp check di darat, kereta api, udara, dan laut. Hal ini sudah dilakukan dari 2 minggu lalu. Kami sudah rapat koordinasi di tingkat kementerian dengan Pak Menko PMK. Tapi di eselon 1 Pak Dirjen Darat sudah lakukan dengan Kakorlantas dan PU juga dengan BMKG dan Basarnas, tapi juga yang lain kita lakukan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan pengarahan jelang arus mudik pada Lebaran 2022. Jokowi mewanti-wanti lonjakan jumlah pemudik yang bisa di luar perkiraan.

"Hati-hati, arus mudik, ini bisa di luar perkiraan kita," kata Jokowi saat sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Rabu (6/4).

Jokowi menginstruksikan Kapolri hingga TNI dan Menhub untuk berkoordinasi menyiapkan antisipasi penumpukan pemudik. Jokowi mengingatkan jangan sampai ada kekeliruan.

"Kapolri dibantu TNI, Menteri Perhubungan, yang dikoordinasi Pak Menko, betul-betul menyiapkan ini, jangan sampai keliru. Mempersiapkan jalur mudik yang baik dan bisa meminimalkan kemacetan dan penumpukan arus mudik maupun arus balik nantinya, harus mulai dihitung betul," ujar Jokowi.

Jokowi juga mendengar kalangan masyarakat kebanyakan ingin mudik Lebaran 2022. Untuk itu, Jokowi meminta ada persiapan ekstra.

"Kalau yang saya tangkap di bawah ini, semuanya mau mudik semua, jadi persiapannya harus ekstra," kata Jokowi.

(fca/zak)