HUT TNI AU 2022: Sejarah dan Tema Peringatannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Rabu, 06 Apr 2022 18:23 WIB
HUT TNI AU diperingati tanggal 9 April setiap tahunnya. Di samping itu, HUT Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) 2022 memasuki peringatan ke 76.
HUT TNI AU 2022: Sejarah dan Tema (Foto: https://tni-au.mil.id/logo-hut-tni-au-76-tahun-2022/)
Jakarta -

HUT TNI AU diperingati tanggal 9 April setiap tahunnya. HUT Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) 2022 memasuki peringatan ke-76.

Lantas, apa tema peringatan HUT TNI AU 2022? Bagaimana sejarah lahirnya TNI Angkatan Udara? Simak informasi selengkapnya yang telah dirangkum oleh detikcom.

HUT TNI AU 2022: Tema Peringatan

HUT TNI AU jatuh pada 9 April 2022 mendatang. HUT TNI AU 2022 mengusung tema "Dengan Dilandasi Semangat SWA BHUWANA PAKSA TNI Angkatan Udara, Siap Menjaga Keamanan Wilayah Udara dan Mendukung Program Pemerintah Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional"

HUT TNI AU 2022: Sejarah Lahirnya TNI Angkatan Udara

Melansir dari situs resmi TNI AU, lahirnya TNI AU bermula dari pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR). Kemudian, tanggal-tanggal berikut ini menjadi tonggak sejarah lahirnya TNI AU.

  • 23 Agustus 1945: Pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR)
  • 5 Oktober 1945: Nama BKR berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR)
  • 23 Januari 1946: TKR ditingkatkan lagi menjadi Tentara Rakyat Indonesia (TRI)
  • 9 April 1946: TRI diganti dengan Angkatan Udara Republik Indonesia, yang diperingati sebagai hari lahirnya TNI AU dan diresmikan bersamaan dengan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI).

HUT TNI AU 2022: Momentum Hari Bhakti TNI AU

Salah satu momentum yang selalu diperingati jajaran TNI AU setiap tahun adalah Hari Bhakti TNI AU. Hal tersebut dilatar belakangi oleh dua peristiwa yang terjadi dalam satu hari pada 29 Juli 1947.

Pertama, pada pagi hari, tiga kadet penerbang TNI AU masing-masing Kadet Mulyono, Kadet Suharnoko Harbani, dan Kadet Sutarjo Sigit dengan menggunakan dua pesawat Cureng dan satu Guntei berhasil melakukan pengeboman terhadap kubu-kubu pertahanan Belanda di tiga tempat, yaitu kota Semarang, Salatiga, dan Ambarawa.

Kedua, jatuhnya pesawat DAKOTA VT-CLA yang megakibatkan gugurnya tiga perintis TNI AU, yaitu Adisutjipto, Abdurahman Saleh, dan Adisumarmo. Pesawat Dakota yang jatuh di daerah Ngoto, selatan Yogyakarta, bukanlah pesawat militer, melainkan pesawat sipil yang disewa oleh pemerintah Indonesia untuk membawa bantuan obat-obatan Palang Merah Malaya.

Penembakan dilakukan oleh dua pesawat militer Belanda jenis Kittyhawk, yang merasa kesal atas pengeboman para kadet TNI AU pada pagi harinya. Untuk mengenang jasa-jasa dan pengorbanan ketiga perintis TNI AU tersebut, dibangun sebuah monumen perjuangan TNI AU pada Juli 2000, di lokasi jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA (Ngoto).

Lokasi tersebut juga dibangun tugu dan relief tentang dua peristiwa 29 Juli 1947. Di lokasi monumen juga dibangun makam Adisutjipto dan Abdurachman Saleh beserta istri-istri mereka.

HUT TNI AU 2022: Lanud HAD Gelar Kegiatan Donor Darah

Lanud Harry Hadisoemantri (HAD) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Singkawang melaksanakan kegiatan donor darah. Donor darah dilaksanakan di Balai Prajurit Danu Setiawan Lanud Had, Kec. Sanggau Ledo, Kab. Bengkayang, Kalbar, Senin, (28/03/2022).

Komandan Lanud Had Letkol Pnb Firmandes Pasaribu, S.T., M. Han, mengatakan, Lanud Had menggelar donor darah dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI AU 2022 Ke 76 Tahun.

"Alhamdulillah kegiatan dihadiri seluruh anggota ditambah satuan samping dari Polsek Sanggau Ledo, Perangkat Desa, dan Pelajar SMA Sanggau Ledo serta Pia A.G Lanud Had ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya," katanya, seperti yang dikutip detikcom dari situs TNI AU, Selasa (5/4/2022).

Pada pelaksanaan donor darah tersebut, ditargetkan sebanyak 105 orang ikut mendonorkan darah mereka. Dari aksi sosial donor darah, ada 73 kantong darah yang disumbangkan ke masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Kota Singkawang.

"Tujuannya tidak lain untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, semoga kegiatan ini berjalan lancar serta dapat lebih mencerminkan bagaimana rasa sosial kita dari kegiatan ini," lanjutnya.

(kny/imk)