ADVERTISEMENT

Keren! Warga Cianjur Rakit Pesawat Pakai Mesin Motor

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Apr 2022 11:45 WIB
Pesawat rakitan di Cianjur.
Foto: Warga di Cianjur buat pesawat rakitan (Ismet Selamet/detikJabar)
Jakarta -

Pemilik bengkel di Desa Hegarmanah, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, Ujang Elan Kusmana (42) membuat pesawat menggunakan dua mesin sepeda motor. Pria yang akrab disapa Leo itu mengungkapkan bahan-bahan yang digunakan merupakan benda yang mudah didapat.

Dilansir detikJabar, Rabu (6/4/2022) Rangka pesawat terbuat dari pipa aluminium berbagai ukuran, mulai dari pipa ukuran 0,5 inchi, 1 inchi dan 2 inchi, sementara sayap pesawat dengan bentangan 8 meter terbuat dari kain khusus yang sudah divernis. Roda pesawat berdiameter kurang lebih 20 cm dengan menggunakan sistem rem cakram yang biasa digunakan pada sepeda motor.

Untuk baling-baling pesawat menggunakan dua buah mesin sepeda motor yang sudah dirakit ulang dan terhubung menghasilkan satu gerak. Kekuatan baling-baling menghasilkan daya tarik hingga lebih dari 80 kilogram. Daya tarik tersebut, mampu menerbangkan pesawat rakitan dengan panjang 5 mente dan lebar 8,05 meter.

Leo mengatakan pesawat rakitannya itu masih harus disempurnakan lagi. Dia menyebut masih harus mengatur ulang salah satu mesin pesawat agar layak terbang.

"Harus ada yang disempurnakan lagi, terutama di bagian mesin. Mesin yang dipakai kan dua, yang satu pengapiannya sudah bagus, tapi yang satu lagi masih harus diseting sedikit, tidak akan lama," tuturnya, Rabu (6/4/2022).

Baca berita selengkapnya di sini.

Simak juga Video: Pria Tamatan SD di Cianjur Ini Berhasil Bikin Pesawat Terbang Rakitan

[Gambas:Video 20detik]



(dek/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT