ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Harapan Pedagang IRTI Usai Kebakaran: Kios Dibangun-Monas Dibuka

Mulia Budi - detikNews
Rabu, 06 Apr 2022 11:36 WIB
Lokasi kebakaran di Kios Lenggang, IRTI Monas, Jakarta Pusat
Foto: Lokasi kebakaran di Kios Lenggang, IRTI Monas, Jakarta Pusat (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Pedagang korban kebakaran kios Lenggang di area parkir IRTI Monas, Jakarta Pusat berharap agar kios mereka kembali dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta. Selain itu, mereka pun ingin agar kawasan Monas dibuka untuk wisatawan.

"Kalau bisa, Monas dibuka lah, Monas itu dibuka agar apa? Agar beban kerigian ini berkurang lho. Sambil nunggu kios ini dibangun kembali sambil dari pengelola ini apa mengusulkan untuk ganti rugi," kata pemilik salah satu kios yang terdampak kebakaran, Dapit Wibisono di IRTI Monas, Rabu (6/4/2022).

Dia mengatakan musibah kebakaran ini sangat menyusahkan para pedagang kios. Menurutnya, ketika Monas dibuka para pedagang bakal mengusahakan untuk bisa berjualan karena jumlah pembeli yang bertambah.

Pedagang korban kebakaran kios Lenggang IRTI Monas, Dapit Wibisono.Pedagang korban kebakaran kios Lenggang IRTI Monas, Dapit Wibisono. Foto: Mulia Budi/detikcom

"Kalau Monas sudah dibuka kan insyaalah mudah-mudahan pedagang itu bebannya berkuranglah, kalau Monas dibuka jadi barang yang ada entah itu minjem tetangga itu bisa diputer gitu lo, jadi mengurangi tingkat kerugian sama beban," tuturnya.

Dapit kembali menegaskan harapannya agar Monas segera dibuka. Dia mengatakan para pedagang menunggu solusi terbaik dari insiden kebakaran tersebut.

"Mudah mudahan Monas dibuka. Kita nunggu yang terbaiknya aja buat kita semuanya," ujarnya.

Sebelumnya, polisi merampungkan penyelidikan terkait kebakaran yang menghanguskan ratusan lapak Kios Lenggang di parkir IRTI, Monas, Jakarta Pusat. Hasil penyelidikan mengungkap adanya unsur kesengajaan yang mengakibatkan 204 kios hangus terbakar itu.

Semula, kebakaran yang terjadi pada Kamis (31/3) sekitar pukul 05.20 WIB itu diduga dari korsleting listrik. Namun, dari hasil penyelidikan terungkap bahwa kebakaran tersebut akibat ulah pria inisial WST (29).

(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT