Hari Kesehatan Sedunia 2022: Sejarah dan Tema Peringatan

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Selasa, 05 Apr 2022 13:51 WIB
Hari Kesehatan Sedunia 2022 jatuh pada tanggal 7 April nanti. Berikut sejarah dan tema peringatannya tahun ini.
Hari Kesehatan Sedunia 2022: Sejarah dan Tema Peringatan (Foto: World Health Organization (WHO))
Jakarta -

Hari Kesehatan Sedunia 2022 jatuh pada tanggal 7 April nanti. Hari Kesehatan Sedunia juga dikenal dengan sebutan World Health Day (WHD).

Peringatan Hari Kesehatan Sedunia tahun ini fokus pada gerakan dan tindakan untuk menjaga kesehatan manusia dan planet bumi. Lalu, bagaimana awal mula peringatan Hari Kesehatan Sedunia? Berikut informasi selengkapnya.

Hari Kesehatan Sedunia 2022: Tema Peringatan

Hari Kesehatan Sedunia 2022 mengusung tema 'Our Planet, Our Health". Melansir dari situs WHO, makna di balik tema tersebut adalah kesehatan manusia yang bergantung dengan keadaan bumi.

Menurut WHO, lebih dari 13 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun disebabkan oleh kerusakan lingkungan, termasuk krisis iklim. Krisis iklim merupakan ancaman kesehatan terbesar yang dihadapi manusia.

Hari Kesehatan Sedunia 2022: Sejarah Peringatan World Health Day

Hari Kesehatan Sedunia tanggal 7 April menandai peringatan berdirinya Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) pada tahun 1948. Pada tahun tersebut, WHO mengadakan Majelis Kesehatan Dunia yang memutuskan bahwa 7 April diperingati sebagai Hari Kesehatan Dunia dan dirayakan pertama kali tahun 1950.

WHO sebagai organisasi kesehatan dunia telah mengangkat berbagai masalah kesehatan penting selama 50 tahun terakhir, di antaranya kesehatan mental, perawatan ibu dan anak, dan perubahan iklim. Peringatan Hari Kesehatan Sedunia dilakukan dengan berbagai kegiatan untuk memusatkan perhatian dunia pada aspek-aspek penting dari kesehatan global.

Hari Kesehatan Sedunia 2022: Waspada Meningkatnya Perubahan Iklim

Peringatan Hari Kesehatan Sedunia 2022 fokus pada keselamatan bumi. Berikut ini rangkuman WHO tentang kesehatan manusia yang berhubungan dengan keadaan bumi:

  • Lebih dari 90% orang menghirup udara tidak sehat akibat pembakaran bahan bakar fosil.
  • Kenaikan suhu dan banjir akibat perubahan iklim bisa menyebabkan 2 miliar orang terkena demam berdarah
  • Diare menyebabkan 829.000 orang meninggal setiap tahun karena kurangnya persediaan air bersih
  • Polusi udara menyebabkan penyakit kanker paru-paru, penyakit jantung, dan stroke.

Dari poin-poin di atas, dapat disimpulkan bahwa kerusakan bumi dapat menurunkan angka kesehatan umat manusia. Oleh karena itu, mari kita jaga keselamatan bumi, sama seperti menjaga kesehatan diri kita.

Semakin baik keadaan bumi, semakin tinggi juga angka kesehatan manusia di seluruh dunia. Selamat Hari Kesehatan Dunia 2022!

Simak juga 'Rekap Kasus Covid-19 Sepekan RI: Perlahan Angka Kasus di Bawah 2 Ribu':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)