Deretan Aksi Kontroversial Greenpeace, Terbaru Hadang Kapal Logo Pertamina

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 05 Apr 2022 11:29 WIB
Greenpeace memblokir pengiriman minyak Rusia yang dibawa dua kapal tanker di lepas pantai Denmark pada Kamis (31/3). Salah satu yang diblokir adalah Kapal Pertamina Prime.
Para aktivis Greenpeace menghadang kapal tanker minyak Rusia (Greenpeace/Kristian Buus)
Jakarta -

Sekelompok aktivis Greenpeace menghadang pengiriman minyak Rusia di antara dua kapal tanker berlogo Pertamina di lepas pantai Denmark. Aksi kontroversial yang dilakukan oleh Greenpeace ini bukanlah yang pertama.

Terkait aksi ini, Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza mengaku telah menerima laporannya. Faisol menyebut kapal tersebut sedang disewa oleh pihak ketiga.

"Saya sudah mendapatkan laporan dari Pertamina bahwa kapal tanker itu tidak mengangkut atau bukan kargo Pertamina ataupun sewa langsung dari Pertamina," kata Faisol kepada wartawan, Senin (4/4/2022).

Riza mengatakan kapal Pertamina Prime itu berlabuh dari Denmark menuju China. Dia menyebut saat ini kondisi kapal sudah kondusif.

"Dan kapal Pertamina Prime masih aman dan kondusif sedang dalam perjalanan dari Denmark ke China. Jadi informasi ini sebaiknya diperbaiki supaya tidak menyebabkan salah paham di antara Pertamina dan masyarakat serta pemerintah," katanya.

Aksi kontroversial seperti yang dilakukan Greenpeace ini bukanlah yang pertama. Organisasi lingkungan ini juga pernah melakukan aksi-aksi kontroversial serupa. Berikut ini daftarnya.