Pemerintah Indonesia Bantu Bangun Asrama Sekolah di Fiji

Tim detikcom - detikNews
Senin, 04 Apr 2022 02:07 WIB
Peresmian dua gedung asrama milik Queen Victoria School (QVS) Fiji.
Foto: Peresmian dua gedung asrama milik Queen Victoria School (QVS) Fiji. Asrama itu adalah bantuan dari Indonesia untuk Fiji (dok. istimewa).
Jakarta -

Pemerintah Indonesia membantu pembangunan dua asrama sekolah di Fiji. Dua asrama itu merupakan sumbangan dana hibah dari pemerintah dan rakyat Indonesia.

Dari keterangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Suva, Perdana Menteri Fiji, Josaia Voreqe Bainimarama, meresmikan dua gedung asrama milik Queen Victoria School (QVS) pada Jumat (1/4) di Provinsi Tailevu. Lokasinya sekitar 90 KM di utara Suva.

"Merupakan suatu kegembiraan untuk merayakan tidak hanya selesainya dua fasilitas asrama yang sangat baik, tetapi juga kenyataan bahwa kita ada di sini hari ini berkat bantuan dari negara sahabat baik kita, Pemerintah Republik Indonesia," ujar Perdana Menteri Bainimarama, dalam keterangan KBRI Suva, Minggu (3/4/2022).

"Pada saat itu fasilitas asrama rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi akibat topan Winston pada tahun 2016, dan Pemerintah Indonesia hadir mengadopsi proyek ini melalui Program 'Adopt a School' dari Pemerintah Fiji dengan biaya FJD 3,9 Juta," lanjutnya.

Dalam upacara tersebut Duta Besar RI untuk Fiji, Benyamin Scott Carnadi, secara simbolis menyerahkan dua asrama tersebut. Asrama dari hibah pemerintah Indonesia itu senilai USD 1,9 juta dan ditandatangani di sela-sela SMU PBB ke-74 pada September 2019.

Dubes Carnadi dalam sambutan singkatnya, mengatakan Pemerintah Indonesia merasa terhormat ikut ambil bagian dalam pengembangan sumber daya manusia melalui program Pemerintah Fiji "Adopt a School."

"Dengan kerja sama antara Indonesia dan Fiji, saya yakin para siswa di sekolah akan memanfaatkan sepenuhnya fasilitas ini untuk meningkatkan pendidikan dan kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, dan negara yang mereka cintai ini," ujar Dubes Carnadi.

(aik/aik)