ADVERTISEMENT

PAN DKI Dukung Ganjil Genap di Jakarta Diperluas

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 02 Apr 2022 06:34 WIB
Sekretaris Fraksin PAN DKI Jakarta, Oman Rohman Rikanda
Foto: Oman Rohman Rakinda (dok. Pribadi)
Jakarta -

Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta mendukung penerapan ganjil genap diperluas. Perluasan dengan menambah ruas jalan yang menerapkan ganjil genap dinilai sebagai salah satu upaya mengurangi kemacetan.

"Untuk mengurangi kemacetan bisa dipertimbangkan penambahan ruas jalan ganjil genap," kata Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Oman Rohman Rakinda kepada wartawan, Jumat (1/4/2022).

Namun, Oman mengingatkan perluasan ganjil genap perlu dikaji secara matang. Anggota Komisi E DPRD DKI itu menyebut perluasan ganjil genap juga bisa mendorong masyarakat beralih menggunakan transportasi publik.

"Perlu kajian matang, tujuannya untuk mendorong masyarakat beralih ke transportasi umum. Ini jadi tantangan agar moda transportasi umum jadi pilihan warga Jakarta," tuturnya.

Lebih lanjut Oman menilai perlu berbagai upaya untuk mengurangi kemacetan. Dia berharap Dinas Perhubungan (Dishub) bisa merumuskan upaya itu.

"Penurunan peringkat kemacetan, perlu instrumen kinerja Dishub yang menunjukkan upaya-upaya penurunan tingkat kemacetan," katanya.

Kebijakan pembatasan kendaraan ganjil genap diwacanakan diperluas seiring semakin macetnya Jakarta. Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Dinas Perhubungan (Dishub) sedang mempelajari rencana tersebut.

Pasalnya, kata Riza, saat ini di Jakarta masih diberlakukan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap di 13 ruas jalan.

"Nanti Dishub akan mempelajari lagi dan pada waktunya akan diumumkan, sejauh mana kebijakan ganjil genap akan diperluas," ujar Riza seperti dilansir Antara, Jumat (1/4).

Lihat juga Video: Jumat Sore, Polisi Mulai Berlakukan Ganjil-Genap di Simpang Gadog

[Gambas:Video 20detik]




(lir/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT