ADVERTISEMENT

Menengok Suasana Khidmat Tarawih Pertama di Masjid Al-Azhar Jaksel

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 01 Apr 2022 20:52 WIB
Pelaksanaan salat tarawih di Masjid Al-Azhar Jakarta Selatan
Foto: Karin/detikcom
Jakarta -

Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan, menggelar ibadah salat Tarawih berjemaah pertama malam ini. Protokol kesehatan menjadi hal yang sangat diperhatikan di dalam masjid.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (1/4/2022), jemaah berdatangan ke masjid saat azan Isya berkumandang pada pukul 19.07 WIB. Sebelum masuk, jemaah perlu terlebih dulu mengecek suhu tubuh.

Pemeriksaan suhu ini dilakukan secara otomatis menggunakan alat pengecek suhu tubuh. Gate detector pun disediakan di pintu masuk masjid.

Sebelum masuk ke area ibadah, hand sanitizer juga telah disiapkan. Petugas juga menyediakan masker cadangan untuk jemaah.

Jemaah yang datang bergantian masuk ke area masjid. Ruang ibadah dibagi menjadi dua untuk jemaah laki-laki dan jemaah perempuan.

Jemaah melakukan ibadah salat Isya pada pukul 19.31 WIB dan dilanjutkan ceramah pukul 19.50 WIB. Tampak kotak infak yang di atasnya juga disediakan barcode untuk beramal. Hal tersebut dimaksudkan agar jemaah bisa tetap beramal tanpa perlu mengeluarkan uang tunai.

Pelaksanaan salat tarawih di Masjid Al-Azhar Jakarta SelatanPelaksanaan salat tarawih di Masjid Al-Azhar Jakarta Selatan. (Karin/detikcom)

Salat Tarawih di masjid Al-Azhar baru dimulai pada pukul 20.10 WIB. Salat tarawih kali ini diimami oleh Ustaz H Agus Nur Qawim.

Pelaksanaan salat Tarawih di masjid ini terdiri dari 11 rakaat. Tampak beberapa saf pria di depan sudah terisi, tapi saf di belakang masih banyak yang kosong.

Hal yang sama terlihat pada saf perempuan yang belakangnya masih belum terisi. Suasana khidmat sangat terasa kala salat Tarawih dimulai.

Diketahui, Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan, menggelar salat Tarawih mulai malam ini. Ini disebabkan pihak Al-Azhar telah menetapkan awal puasa 1 Ramadan 1443 Hijriah pada esok hari (2/4/2022).

"Kami sudah mempersiapkan jauh-jauh hari dengan kita tetap menggunakan protokol kesehatan ya yang biasa kita lakukan ya mungkin ini suatu kebiasaan baru bagi kita ya," ujar Kepala Kantor Masjid Agung Al-Azhar, Iding, di Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan, Jumat (1/4/2022).

Dia berharap pelaksanaan Tarawih tahun ini berjalan dengan lancar. Bahkan kalau bisa seperti Ramadan saat sebelum pandemi COVID-19.

"Ya alhamdulillah persiapan sudah disiapkan dari jauh-jauh hari karena kita menginginkan bahwa bulan Ramadan tahun ini ya kembali kepada bulan Ramadan seperti sebelum COVID tiba," tutupnya.

(ain/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT