ADVERTISEMENT

Satgas COVID Kota Bogor Larang Sahur On The Road-Sweeping Saat Ramadan

Muchamad Sholihin - detikNews
Jumat, 01 Apr 2022 17:42 WIB
Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro,
Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro (Sholihin/detikcom)
Kota Bogor -

Satgas COVID-19 Kota Bogor melarang kegiatan sahur on the road (SOTR) selama Ramadan di Kota Bogor. Satgas meminta pihak yang ingin memberi sumbangan ketika sahur bisa dialihkan melalui masjid-masjid di Kota Bogor.

"Sahur on the road dilarang, tadi Kasatgas, Pak Wali Kota Bogor sudah tegas melarang sahur on the road," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro, Jumat (1/4/2022).

Susatyo menyarankan pihak-pihak yang ingin menyerahkan bantuan sahur bisa disalurkan melalui masjid-masjid di setiap wilayah. Sehingga tidak diserahkan di pinggir jalan, yang mengundang kerumunan dan memicu bentrok antarkelompok.

"Nanti masing-masing polsek menentukan, kalau memang mau menyerahkan bantuan, silakan diserahkan melalui Masjid Agung. Tidak perlu diserahkan langsung di pinggir jalan. Nanti kami bersama MUI, kemudian Ketua DMI, kami akan mengatur. Kalau mau menyumbang untuk sahur, silakan, nanti akan didrop di masjid," kata Susatyo.

Susatyo mengatakan Polresta Bogor Kota bersama Pemkot dan Kodim 0606 Kota Bogor akan bersama-sama menjaga situasi selama Ramadan tetap kondusif dan melakukan antisipasi kegiatan-kegiatan yang mengganggu kenyamanan beribadah selama Ramadan.

"Kegiatan yang mengganggu pelaksanaan kenyamanan beribadah selama Ramadan itu akan jadi perhatian. pelanggaran terhadap hiburan malam, balap liar, tawuran, semua hal yang berpotensi mengganggu pun semua kami akan lakukan penindakan bersama Pemkot Bogor dan Dandim Kota Bogor," kata Susatyo.

"Penggelaran pasukan, kami siapkan 8 pos pengamanan untuk antisipasi kejahatan tawuran, termasuk juga pada jam-jam sore, ngabuburit dan sebagainya, itu yang kami lakukan supaya tidak terjadi kemacetan parah," tambahnya.

Susatyo mengatakan pihaknya juga sudah mengumpulkan ormas-ormas Islam di Kota Bogor untuk bersama-sama menjaga kenyamanan selama Ramadan dan tidak melakukan sweeping.

"Tidak boleh ada sweeping, itu pasti. Kemarin kami sudah kumpulkan ormas-ormas Islam bersama menjaga. Islam agama yang teduh, sehingga tidak ada lagi sweeping-sweeping, semuanya. Silakan laporkan ke polisi atau Pemkot Bogor, pasti nanti akan kami lakukan penindakan," tandasnya.

(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT